Optimalisasi Skrining Riwayat Kesehatan di 30 FTKP, BPJS Kesehatan Dorong Cegah Dini Penyakit Pesertanya

Optimalisasi Skrining Riwayat Kesehatan di 30 FTKP, BPJS Kesehatan Dorong Cegah Dini Penyakit Pesertanya

30 FTKP di BPJS Kesehatan Cabang Tegal mengikuti optimalisasi skrining riwayat kesehatan sebagai tindakan dini penyakit berisiko.--

Sekadar informasi, Indonesia berada di peringkat ke-7 dari 10 negara dengan jumlah penderita diabetes melitus terbanyak, sebesar 10,7 juta. Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam daftar tersebut.

Saat ini penyakit diabetes melitus itu sendiri tidak hanya menjangkiti usia lanjut, namun juga banyak yang sudah terdiagnosis menderita meski usianya masih muda. Sebagian besar diakibatkan dari gaya hidup yang tidak sehat. 

Selain membahas mengenai skrining riwayat kesehatan, pertemuan juga membahas hasil top 10 diagnosa rujukan di Kota Tegal. Yakni peserta yang ingin melakukan kontrol atau pemeriksaan lanjutan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).

Sedangkan untuk kasus top 10 diagnosa rujukan non spesialistik di Kota Tegal, yakni rabun jauh. Harapannya dengan hasil pada semester ini, dapat meningkatkan capaian kinerja FKTP.

Sehingga dapat mengoptimalisasikan upaya promotif preventif untuk menekan angka kesakitan peserta JKN. Demikian informasi tentang skrining riwayat kesehatan di 30 FTKP di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Tegal (*)

Sumber: