Misteri Gunung Bromo Jawa Timur, Tempat Suci yang Dikenal Punya Kerajaan Gaib

Misteri Gunung Bromo Jawa Timur, Tempat Suci yang Dikenal Punya Kerajaan Gaib

Gunung Bromo Jawa Timur-Tangkapan Layar-

RADAR TEGAL - Misteri Gunung Bromo yang berada di Jawa Timur menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dibahas. Selain karena keindahannya, kisah mengenai gunung ini juga sangat beragam dan menarik untuk kita simak.

Salah satunya terkait keberadaannya sebagai gunung suci yang disebut-sebut memiliki kerajaan gaib. Berbagai fenomena aneh yang terjadi di Gunung Bromo seakan terus menjadi misteri.

Lalu, misteri apa saja yang ada di balik keindahan Gunung Bromo? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

Karena di dalamnya akan mengulas tentang beberapa misteri yang melingkupi Gunung Bromo. Untuk lebih jelasnya, simak di bawah ini ya:

BACA JUGA:Misteri Gunung Bromo: Kisah Tersembunyi di Balik Keindahan Gunung Suci di Jawa Timur

BACA JUGA:Kearifan Budaya Lokal Suku Tengger Bromo, Sistem Penanggalan Tahun Saka Hingga Tradisi Pakai Sarung

Tentang Gunung Bromo Jawa Timur

1. Lokasi Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Dikelilingi kaldera atau lautan pasir seluas 10 kilometer persegi, gunung yang memiliki ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut ini merupakan destinasi andalan Jawa Timur. 

Gunung Bromo berdiri gagah di antara 4 wilayah. Yakni Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Bagi masyarakat Tengger, Gunung Bromo yang penuh misteri ini adalah gunung suci. Nama Bromo disebut-sebut diambil dari Dewa Brahma, dewa utama dalam ajaran Hindu.

2. Asal-usul Gunung Bromo

Seperti sudah disebut di atas, Gunung Bromo terletak di dalam kaldera raksasa yang disebut kaldera Tengger. Nama itu diambil dari akhiran nama dari pasangan Roro Anteng dan Joko Seger yang digabung menjadi Tengger.

Sang Dewa menganugerahi pasangan ini dengan 25 anak. Namun, dengan syarat satu di antaranya harus dikorbankan.

Sumber: radartegal.disway.id