10 Fakta Makhluk Mitologi Ini Ternyata Pernah Hidup di Masa Lalu

10 Fakta Makhluk Mitologi Ini Ternyata Pernah Hidup di Masa Lalu

Ilustrasi: Makhluk Hobbit-tallslimtees.com-

RADAR TEGAL - Makhluk mitologi ini ternyata pernah hidup di masa lalu. Ada hal-hal yang disebut mitos karena tidak benar atau tidak dapat dibuktikan kebenarannya. 

Mitos merupakan cerita yang berasal dari zaman dahulu yang digunakan untuk menjelaskan peristiwa aneh atau mengajarkan nilai-nilai baik kepada orang lain. 

Cerita-cerita ini sering diwariskan dari generasi ke generasi. Namun, bagaimana jika beberapa makhluk mitologi sebenarnya memiliki dasar dalam kenyataan? Apa saja contoh makhluk mitologi tersebut?

Berikut radartegal.disway.id merangkum dari berbagai sumber 10 fakta makhluk mitologi yang ternyata pernah hidup di masa lalu.

BACA JUGA:Sejarah Pengepungan Gunung Hiei, 1571: Dahulu Ribuan Biksu Terbantai di Sini

1. Hobbit

Kita mungkin tahu tentang Hobbit dari film The Lord of The Rings, tapi sebenarnya, ada manusia primitif berpostur kecil yang benar-benar pernah ada di Bumi sekitar 190.000 hingga 50.000 tahun yang lalu. 

Pada tahun 2003, sebuah artikel di Live Science melaporkan bahwa para ahli arkeologi menemukan sisa-sisa kerangka seorang perempuan dewasa yang tingginya hanya sekitar 3 kaki di dalam sebuah gua di pulau Indonesia.

Awalnya, ada dugaan bahwa kerangka tersebut mungkin berasal dari individu dengan kondisi medis mikroensephalia (mikrosefalika), yang membuat tubuhnya menjadi pendek. 

Namun, setelah membandingkan tengkorak dengan tengkorak mikrosefalika modern, ternyata tengkorak tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda.

Sejak saat itu, para ilmuwan telah menemukan lebih banyak kerangka hobbit, yang diberi nama ilmiah "Homo floresiensis." 

Meskipun begitu, belum ada yang dapat dengan pasti menjelaskan mengapa hobbit punah.

2. Bunyip

Bunyip merupakan makhluk dalam cerita mitos yang konon menakutkan rawa dan sungai di Australia. Menurut cerita dari budaya Aborigin Australia, Bunyip memiliki arti "setan" atau "roh," 

Sumber: