10 Fakta Makhluk Mitologi Ini Ternyata Pernah Hidup di Masa Lalu

10 Fakta Makhluk Mitologi Ini Ternyata Pernah Hidup di Masa Lalu

Ilustrasi: Makhluk Hobbit-tallslimtees.com-

BACA JUGA:7 Gunung Keramat dari Belahan Dunia, Indonesia Juga Gak Kalah Punya

5. Thunderbird

Burung thunderbird adalah cerita dari penduduk asli Amerika tentang burung raksasa yang dapat mengangkat anak paus dengan cakarnya. 

Di Eropa, burung ini dianggap seperti naga dengan sayap. Terkait ini, JuneauEmpire.com mengungkapkan bahwa beberapa orang pernah melihat burung dengan lebar sayap hingga 20 kaki di langit Alaska.

Ukurannya sekitar 2,5 kali lipat sayap elang botak dan lebih panjang sekitar 8 kaki dibandingkan sayap elang laut. 

Saat ini, diyakini bahwa burung ini memiliki lebar sayap terbesar di antara semua burung yang ada, sesuai dengan laporan dari BBC. 

Ahli biologi mengatakan bahwa penampakan burung ini kemungkinan adalah elang laut Steller, yang lebih besar dan lebih berat dibandingkan elang botak.

Elang laut Steller umumnya ditemukan di Rusia dan Jepang, meskipun mungkin juga ada kemungkinan burung ini ditemukan di luar wilayah tersebut. 

Dapat dipercaya bahwa burung inilah yang diidentifikasi sebagai legenda burung thunderbird yang telah diceritakan selama berabad-abad.

6. Basilisk

Berdasarkan informasi dari Mythology.net, konon basilisk terbentuk ketika ayam jantan duduk di atas telur ular. 

Telur-telur tersebut menghasilkan makhluk mitos yang memiliki kepala ayam, sayap, serta kaki ayam, tetapi tubuhnya menyerupai ular.

Basilisk memiliki kemampuan untuk mengeluarkan api dari mulutnya dan dapat melumpuhkan musuhnya hanya dengan pandangannya. 

Makhluk ini bergerak dengan bagian depan tubuhnya yang tegak, tinggal di daerah kering atau berpasir, dan hanya dapat dikalahkan oleh musang.

Faktanya, ini menunjukkan bahwa basilisk mungkin terinspirasi dari ular kobra Mesir yang memiliki kemampuan menegakkan tubuh bagian depan, melepaskan racun, dan menatap dengan tatapan tajam sebelum menyerang. 

Sumber: