Pasar Setan Misteri Gunung Slamet Paling Serem, Ikut Beli Berarti Siap Pindah ke Dunia Lain

Pasar Setan Misteri Gunung Slamet Paling Serem, Ikut Beli Berarti Siap Pindah ke Dunia Lain

Selain di puncaknya, misteri Gunung Slamet di Jawa Tengah juga banyak dijumpai masyarakat dan pera pendaki di lerengnya.-foto: widya school's-

RADAR TEGAL - Sebagai salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah,.Gunung Slamet terkenal memiliki sejumlah mitos dan misteri. Salah satu misteri Gunung Slamet yang paling serem adalah pasar setan.

Banyaknya mitos-mitos dan misteri-misteri tersebut justru semakin membuat banyak orang yang penasaran. Ditambah lagi dengan banyaknya tantangan sepanjang jalur pendakian, menjadikannya merupakan salah satu gunung favorit para pendaki. 

Saking banyaknya mitos dan misteri yang kerap dialami para pendaki serta cerita dari mulut ke mulut, membuat Gunung Slamet layaknya gunung yang angker. Padahal sama seperti lainnya, gunung setinggi 3.432 mdpl ini pemandangannya sangat indah.  

Bahkan banyak para pendaki yang mengungkapkan Gunung Slamet memilik kekhasan, baik jalur pendakiannya maupun lingkungan di sekitarnya. Apalagi dari berbagai literatur, gunung teretinggi kedua di Pulau Jawa itu, juga memiliki jalur basah dan cuaca paling dingin.

BACA JUGA:6 Misteri Gunung Slamet, Ada Gerbang Gaib yang Mitosnya Jika Memasukinya Tak Akan Bisa Pulang Lagi

Gunung Slamet bersuhu rata-rata paling dingin dan salah satu daerah dengan curah hujan tahunan paling tinggi di Indonesia, yaitu 8.134,00 milimeter (mm) per tahun. Meski begitu, hal tersebut tidak mengurangi animo masyarakat dan para pendaki untuk mencapai puncaknya.

Beberapa mitos dan misteri Gunung Slamet

Mengutip akun Instagram @ulimuslih, terdapat 6 cerita mistis Gunung Slamet yang banyak menjadi perbincangan masyarakat sekitar dan para pendaki. Bahkan dalam kondisi tertentu, mitos-mitos tersebut kerap terjadi terutama saat ada pendaki yang tak mematuhi aturan, seperti:

1. Pasar Setan

Ternyata mitos pasar setan tidak hanya ada di Gunung Merapi, cerita mistis tersebut juga terdapat di Gunung Slamet. Pasar setan dipercaya terletak di punggung Gunung Slamet, yang konon pendaki akan mendengar jelas suara angin yang sangat kencang.

Suara tersebut dipercaya sebagai suara penunggu Gunung Slamet yang sedang bertransaksi di pasar setan. Misteri Gunung Slamet yang tidak bisa dibuktikan oleh sembarang orang menjadi momok tersendiri khususnya para pendaki.

BACA JUGA:Misteri Gunung Slamet di Jawa Tengah yang Jarang Diketahui Orang, Di Antaranya Dulu bernama Gunung Agung

Gunung Slamet di Jawa Tengah juga punya mitos pasar setan atau pasar hantu, yang lokasinya dipercaya berada di lereng gunung. Suara layaknya pasar kerap terdengar, dan konon jika ada pendaki yang ditawari untuk membeli sesuatu di pasar setan itu akan hilang selamanya.

 

Sumber: