Es Sagwan, Resep Turun Temurun Keluarga yang Tidak Boleh Bocor ke Pihak Luar, Termasuk Menantu

Es Sagwan, Resep Turun Temurun Keluarga yang Tidak Boleh Bocor ke Pihak Luar, Termasuk Menantu

Es Sagwan khas Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Bagi warga Kota Tegal, tentunya sudah mengenal nama minuman khas Es Sagwan yang kini banyak dijual sejumlah kios dan warung. Tahukah anda, jika warung-warung tersebut merupakan satu keluarga?

Ya, tentu saja begitu karena Es sagwan merupakan resep turun temurun keluarga yang tidak boleh bocor ke pihak luar. Bahkan, menantu saja tidak boleh mengetahuinya.

Usut punya usut, penamaan Es Sagwan sendiri diambil dari nama pembuat pertamanya yakni Sagwan. Kini, salah satu minuman dingin itu, telah dikelola oleh generasi ketiga alias cucu dari Sagwan.

Salah satu cucu Sagwan, Muhammad Saadi mengatakan minuman tersebut hanya ada di Kota Tegal dan sudah ada sejak 1960 silam. Pembuat pertamanya adalah kakeknya sendiri yakni Sagwan.

"Pembuatnya adalah kakek saya, dan nama Es Sagwan itu merupakan nama kakek,"katanya.

Menurut Saadi, resep pembuatan es tersebut kemudian diwariskan kepada anak-anaknya hingga sampai ke dirinya. Resep tersebut sampai saat ini masih terjaga dan tidak boleh ada pihak luar yang mengetahuinya.

"Kalau resepnya harus keluarga, tidak boleh orang lain. Bahkan, menantu saja tidak mengetahuinya,"tandasnya.

Menurut Saadi, secara umum es sagwan hampir sama dengan minuman pada umumnya. Ciri khasnya, terletak pada dawet yang berwarna putih yang terbuat dari aci, kemudian kuahnya yang berwarna merah muda.

"Saat dimakan, dawet itu akan terasa seperti ada es batu di dalamnya. Sedangkan rasa gurihnya didapat dari kuah yang terbuat dari santan,"ujarnya.

Menurut Saadi, es Sagwan hanya ada di Kota Tegal. Kalaupun di daerah lain ada, rasanya dijamin pasti beda, karena itu merupakan resep keluarga.

Untuk penyajiannya, kata Saadi, bisa dicampur dengan air gula merah, roti, tape dan tape ketan. Itu, sesuai dengan selera dari pelanggan masing-masing.

"Kalau yang original itu hanya dawet berwarna putih, kuah berwarna merah muda dan es batu yang diserut. Jika ditambah isian lain bisa juga sesuai selera,"tandasnya.

Salah seorang warga Hartadi mengatakan dirinya baru pertama kali mencoba es sagwan tersebut. Menurutnya, rasanya memang berbeda dengan minuman dingin lainnya.

"Ada gurih-gurihnya, juga manis dan pastinya menyegarkan karena dingin,"kata Hartadi.

Sumber: