3 Misteri Candi Sukuh, Pernah Ada Konflik Hebat Berujung Kematian

3 Misteri Candi Sukuh, Pernah Ada Konflik Hebat Berujung Kematian

Misteri Candi Sukuh dalam Prasasti Berangka Tahun 1441 M dan 1442 M di balik Arca Garuda--

Menurut epigraf Martha A Munsses, kata "Rajeg Wesi" sering diidentifikasi sebagai "Pagerwesi" di Mojokerto, Jawa Timur. Namun, masih belum diketahui seberapa parah konflik rebutan tanah di Mojokerto ini hingga dibuatkan candi ini. 

Kutipan lain dalam prasasti pertama berbunyi "Diceritakan di kuburan para prajurit yang mati ada (seekor) bangau". Kutipan tersebut dikatakan tak lazim karena menggunakan bangau sebagai simbolisasi kuburan. 

Padahal, dalam sastra masa itu, setra atau kuburan biasanya digambarkan dengan semut gatal, anjing, dan gagak. Bangau di atas kematian justru mirip seperti bangau dalam Tantri Kamandaka, yang bermakna agamawan palsu penebar kematian.

Dalam kisah tersebut, sang bangau melakukan pembunuhannya di atas gunung sebagaimana juga Candi Sukuh berada di ketinggian Gunung Lawu. 

Karena itu, muncul dugaan bahwa ada persaingan antar dewaguru di daerah tersebut, yang menimbulkan konflik besar pada 1441 M.

BACA JUGA:2 Mitos Kerajaan Hantu dalam Kakawin Sena, Mulai dari Katalog Hantu hingga Setra Gendamayit

3. Konflik besar berujung aben massal

Sementara itu, prasasti kedua (1442 M), berbunyi "sagara muni murub kutub ri akasa". Epigraf Martha A Munsses mengidentifikasinya sebagai "para muni yang membakar dupa hingga asapnya naik ke langit". 

Namun, pendapat lain mengatakan bahwa ritual tersebut terlalu biasa untuk dicantumkan dalam prasasti.

Sementara itu, kata "sagara" dalam bahasa Jawa Kuno berarti 'laut', sehingga arti "sagara muni murup" bisa berarti 'lautan pertapa sedang menyala'. 

Entah itu mayat para pertapa yang menjadi korban dalam konflik 1441 M dan diaben pada 1442 M, atau sebaliknya, para muni menyelenggarakan aben besar-besaran atas para korban konflik tahun 1441 M.

Demikian, informasi mengenai misteri Candi Sukuh yang berkaitan dengan konflik dan kematian awal mula pembangunan candi. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin tahu tentang mitos dan kisah mistis di Indonesia, tepatnya di tanah Jawa.***

Sumber: youtube asisi channel