Benarkah Mitos Candi Sukuh Peradaban Dunia di Nusantara? Ternyata Ini 2 Jawabannya

Benarkah Mitos Candi Sukuh Peradaban Dunia di Nusantara? Ternyata Ini 2 Jawabannya

--nativeindonesia.com

RADAR TEGAL - Indonesia memang berada di wilayah strategis yang memungkinkannya berhubungan dengan berbagai negara hingga terjadi akulturasi. Namun, salah satu candi, yakni Candi Sukuh, dipercaya sebagai peradaban dunia di Nusantara

Pendapat candi tersebut sebagai peradaban dunia di Nusantara muncul karena kemiripannya dengan piramida suku Maya di Amerika Selatan. Bahkan, arca-arcanya pun sama seperti dari peradaban Mesopotamia, bukan Jawa.

BACA JUGA:Bukan Yahudi! Ternyata Ini 2 Jawaban Simbol Bintang Daud di Candi Tegowangi

Arca-arca tersebut seringkali dikait-kaitkan dengan makhluk mitologi dari legenda masyarakat Mesopotamia, Babilonia, hingga Yahudi. Karena itu, Candi Sukuh dijuluki peradaban dunia di Nusantara

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal beberapa mitos yang terkenal di Indonesia, tepatnya di tanah Jawa. Melansir dari kanal youtube ASISI Channel berikut informasi mengenai 2 alasan Candi Sukuh dianggap sebagai peradaban dunia di Nusantara.

BACA JUGA:3 Mitos Candi Sukuh, Konon sebagai Ruwatan Majapahit Pasca Perang Paregreg

2 Alasan Candi Sukuh dianggap peradaban dunia di Nusantara

1. Arca manusia setengah burung

Arca ini sering dihubungkan dengan mitos Anunnaki dari Mesopotamia, Pazuzu dari Babilonia, hingga Hagaddah ala Yahudi. Padahal arca manusia berkepala burung di candi ini sebenarnya adalah dua buah prasasti yang berangka tahun 1441 M dan 1442 M.

Di tahun yang sama, masyarakat Mesopotamia justru sudah lupa mitos Anunnaki karena sudah berganti keyakinan. Bentuk arca di candi ini masih terkait dengan relief garuda di gapura candi, serta obelisk di batur dekat candi induk.

Arca dan relief di Candi Sukuh tersebut merupakan fragmen kisah Garudeya, tepatnya di Kitab Adiparwa dari abad 10 M. Ada bangsa ular, garuda, dan dua wanita, yakni Dewi Winata dan Dewi Kadru.

BACA JUGA:4 Mitos Hewan Ajaib di Candi Surowono, Salah Satunya Dikira Unicorn

2. Bentuknya mirip piramida

Bagian tersuci candi ini berada di teras ketiga, yakni "piramid" Candi Sukuh yang diisukan peninggalan suku Maya, saking miripnya dengan Chichen Itza di Amerika Selatan. 

Sumber: youtube asisi channel