Hari Pramuka, 102 Penggiat Gerakan Terima Penghargaan Darma Bakti dan Pancawarsa

Hari Pramuka, 102 Penggiat Gerakan Terima Penghargaan Darma Bakti dan Pancawarsa

PENGHARGAAN - Pj Bupati Brebes menyematkan penghargaan Darma Bakti dan Pancawarsa sebanyak 102 kepada para penggiat gerakan Pramuka.-EKO FIDIYANTO/RADAR BREBES-

RADAR TEGAL - Senin 14 Agustus 2023 hari ini diperingati sebagai Hari Pramuka ke-62. Sebanyak 102 penggiat Gerakan Pramuka terima penghargaan Darma Bakti dan Pancawarsa di SMP Negeri 3 Brebes.

Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin menyerahkan penghargaan Darma Bakti dan Pancawarsa kepada para penggiat Gerakan Pramuka dirangkai dengan pemotongan tumpeng bersama. 

Saat jadi Pembina Upacara Hari Pramuka ke-62, di SMP Negeri 3 Brebes, Senin, 14 Agustus 2023, Pj Bupati Brebes menyampaikan amanat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso (Buwas).

"Sebagaimana yang diamanatkan Buwas, semangat Gerakan Pramuka harus terus digelorakan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional," tandasnya.

BACA JUGA:Spesial Hari Pramuka, Siapa Cepat Dia Dapat Buruan Klaim LINK DANA Kaget Rp250 Ribu Hari Ini 14 Agustus 2023

Buwas berpesan, Pemilihan Ketua Dewan Kerja Nasional (DKN) dan Ketua Kwarnas jangan dijadikan ajang seperti pemilihan dalam kaitan politik praktis. Hendaknya tetap mengutamakan persahabatan dan persaudaraan sesuai dengan kode kehormatan, yaitu Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

"Ingatlah bahwa sesungguhnya kita semua adalah bersaudara, dan apabila terdapat masalah internal hendaknya cukup diselesaikan di antara kita sendiri," tegasnya.

Dengan peringatan Hari Pramuka ke-62, mari kita wujudkan SDM yang profesional dan berwawasan kebangsaan. Dalam sambutan tersebut, Buwas mengingatkan tentang wawasan kebangsaan.

Hal itu menurutnya menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara. 

Terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan.

"Harus diakui, jumlah SDM yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para pembina Pramuka dan pelatih pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan," ucapnya.

BACA JUGA:Lepas 218 Anggota Pramuka Jateng ke Jambore Dunia di Korsel, Ganjar Titip Pesan Damai

Berkaitan dengan hal tersebut, Kwartir Nasional juga telah menaruh perhatian pada peningkatan kualitas gugus depan-gugus depan Pramuka di mana pun berada. Dia berharap bahwa kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan kualitas gugus depan yang berada di wilayah masing-masing.

"Tahun ini juga akan dilaksanakan sejumlah kegiatan nasional, di antaranya Raimuna Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka) Bakti Husada, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putri-Putra Nasional (Musppanitra) serta Musyawarah Nasional (Munas), marilah kita bersama- sama untuk mendukung serta mensukseskan kegiatan-kegiatan tersebut," ajaknya.

Terakhir Buwas mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur pemerintah yang telah mendukung. Termasuk para orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik dalam Gerakan Pramuka, serta masyarakat luas yang selalu mendukung pendidikan Gerakan Pramuka yang dicintai bersama.

"Sekali lagi saya mengucapkan selamat Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023, semoga Gerakan Pramuka semakin jaya dan sukses," pungkasnya.

BACA JUGA:Keren, Dua Pelajar Asal Pemalang Ikuti Jambore Pramuka Sedunia di Korea Selatan

Ketua Kwarcab Brebes Emastoni Ezam menjelaskan, selain upacara, rangkaian Hari Pramuka Kwarcab Brebes antara lain Bakti Sosial berupa Donor Darah, Bumbung Kemanusiaan, Renungan Suci, tabur bunga, saresehan dan di setiap gugus depan dan Kwartir Ranting digelar perkemahan dan moci bareng karo uwane. ***

Sumber: