3 Fakta Menarik Candi Mantup, Candi Romantis Saksi Pernikahan Para Dewa

3 Fakta Menarik Candi Mantup, Candi Romantis Saksi Pernikahan Para Dewa

--

RADAR TEGAL - Leluhur Jawa Kuno ternyata juga meninggalkan beberapa candi romantis di Nusantara. Salah satunya adalah Candi Mantup

Berbeda dengan candi romantis lainnya seperti Candi Plaosan dan Candi Prambanan, Candi Mantup justru tidak banyak terekspos. Selain karena berada di kompleks yang kecil, situsnya juga hanya menyisakan kaki candinya saja. 

BACA JUGA:Konon Petilasan Ratu Teluh, Ini 4 Fakta Menarik Candi Calon Arang

Candi Mantup yang berlokasi di Desa Baturetno ini diketahui beraliran Hindu-Siwa karena ditemukan arca Siwa-Parwati sebagai penggambaran pernikahan. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu candi romantis di Nusantara.

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal salah satu candi yang terkenal di Indonesia, tepatnya di tanah Jawa. Melansir dari kanal youtube ASISI Channel berikut informasi mengenai 3 fakta menarik Candi Mantup sebagai candi romantis. 

BACA JUGA:Konon Kota Kuno yang Hilang, Ini 4 Fakta Menarik Candi Tondowongso

3 Fakta menarik Candi Mantup

1. Bercorak Hindu-Siwa

Candi ini pertama kali ditemukan pada Juli 1991 oleh para penduduk ketika sedang mengadakan kegiatan penurunan permukaan tanah sawah untuk memudahkan pengairan.

Di situs Mantup, terdapat tiga kaki candi yang berukuran sangat kecil. Candi pertama terbuat dari bata merah, tetapi dua candi lainnya terbuat dari batu putih.

Di halaman situs, terdapat batu candi dan Yoni sehingga diyakini bercorak Hindu-Siwa. Selain itu, Situs Payak, sebuah petirtaan yang berjarak 2 meter ke arah situs ini, juga bercorak sama dengan ditemukannya arca Siwa. 

BACA JUGA:3 Fakta Menarik Candi Gurah, Candi yang Raib Ditelan Bumi

2. Altar pernikahan, bukan tempat ibadah

Menariknya, di candi kedua, ditemukan arca sepasang dewa-dewi, yang menggambarkan Kalyanasundaramurti, yakni pernikahan Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Karena itu, candi ini diduga sebagai semacam altar pernikahan di masa lampau. 

Sumber: youtube asisi channel