Piramida Mesir Konon Dibuat Kaum Ad Nabi Hud, Manusia Raksasa Besar dan Kuat yang Hancur dalam Sekejap

Piramida Mesir Konon Dibuat Kaum Ad Nabi Hud, Manusia Raksasa Besar dan Kuat yang Hancur dalam Sekejap

Piramida salah satu keajaiban dunia, konon merupakan peninggalan kaum ad Nabi Hud AS sebagai menusia raksasa yang besar dan kuat.-foto: trenasia-

RADAR TEGAL - Peradaban zaman dulu ternyata sudah mengenal cara-cara modern, misalnya dengan pembuatan Piramida di Mesir. Bahkan, muncul klaim jika piramida di Mesir merupakan bangunan karya kaum ad Nabi Hud AS.

Keberadaan kaum ad Nabi Hud AS sendiri merupakan salah satu kaum yang disebutkan dalam Alquran. Kaum ad dipercaya arkeolog Mesir sebagai raksasa yang membuat piramida.

Dalam sejarah manusia, kaum ad merupakan suku kuno yang pernah mendiami wilayah Yaman. Mereka adalah manusia raksasa yang bertubuh besar dan kuat, serta hidup dengan bergelimang harta.

Sayangnya mereka menyembah berhala, dan menyekutukan Allah SWT. Itulah sebabnya Allah SWT mengutus Nabi Hud AS, untuk mengajak mereka kembali beriman.

Ironisnya mereka malah mengingkari kenabian Nabi Hud AS, yang menjadi awal pemusnahannya di muka bumi. Mereka dan peradabannya hancur lebur, akibat bencana kekeringan dan angin topan.

Asal usul kaum ad

Menurut sejumlah literatur, nama Kaum Ad diambil dari nama salah seorang leluhur mereka yang bernama 'Ad. Para ulama menyebutkan silsilah kaum Ad adalah Ad bin Us/Aush bin Aram/Iram bin Sem/Sam bin Nuh.

Sekadar informasi, di dalam sejarah terdapat dua kaum Ad, yaitu kaum Ad awal atau pertama dan kaum Ad akhir atau kedua. Menurut pandangan para ulama, kaum Ad awal adalah pengganti umat Nabi Nuh AS.

Sebelumnya mereka kaum pertama yang menyembah berhala setelah banjir besar. Berhala yang mereka sembah adalah Shamad, Shamud, dan Huran, sementara Kaum Ad kedua ada setelah Kaum Ad awal hancur.

Silsilah kaum Ad Nabi Hud AS

Allah SWT mengutus Nabi Hud AS sebagai pemimpin Kaum Ad awal, sementara Kaum Ad kedua berasal dari Qahthan dan Saba’ di wilayah Yaman. Nah, tidak sedikit sejarawan yang menyimpulkan Kaum Ad kedua adalah Kaum Tsamud.

Terkait pandangan tersebut, Allah SWT sudah mengungkapkannya melalui Alquran Surat An-Najm (53):50. “Dan sesungguhnya Dialah yang telah membinasakan kaum Ad awal.”

Namun terdapat pula sejumlah pendapat berbeda tentang riwayat utusan Kaum Ad yang pergi ke Makkah. Misalnya Muhammad bin Ishaq berpendapat bahwa mereka adalah Kaum Ad yang sama dengan kaum Nabi Hud AS. 

Menurut dia, Kaum Hud Nabi Hud AS dan pengikutnya telah berpindah ke tempat lain, sehingga tidak terkena azab. Muhammad bin Ishaq mengungkapkan pula, jika Kaum Ad yang ada di Makkah selamat, dan keturunan merekalah yang selanjutnya dikenal sebagai Kaum Ad akhir.

Sumber: