6 Fakta Menarik tentang Tinggi Badan, Orang Bertubuh Tinggi Lebih Berisiko Terkena Kanker? Ini Alasannya

6 Fakta Menarik tentang Tinggi Badan, Orang Bertubuh Tinggi Lebih Berisiko Terkena Kanker? Ini Alasannya

Ilustrasi. Fakta menarik tentang tinggi badan manusia-freepik-

RADAR TEGAL – Tinggi badan manusia ternyata menyimpan sejumlah fakta menarik yang masih jarang orang ketahui. Umumnya, orang-orang hanya tahu bahwa tinggi tubuh berdasarkan faktor genetik ataupun berolahraga.

Namun ternyata, fakta menarik tentang tinggi badan manusia tidak sepenuhnya berdasarkan genetik atau keturunan, lho. Bahkan, tinggi badan kita bisa menyusut terutama ketika sudah memasuki usia kepala empat.

Melansir dari berbagai sumber, ini penjelasan lebih lengkapnya seputar informasi dan sejumlah fakta menarik tentang tinggi badan manusia. Jika Anda sedang berusaha menaikan tinggi badan, simak pembahasannya hingga akhir artikel. 

6 fakta menarik tentang tinggi badan manusia

1) Bisa berubah-ubah

Fakta unik pertama tentang tinggi badan manusia bahwa panjangnya bisa berubah sepanjang hari.

Berubah-ubahnya tinggi badan bisa terjadi karena tingkat aktivitas yang dilakukan setiap hari, sehingga mempengaruhi cakram tulang belakang menjadi tegak sepanjang hari.

Inilah yang bisa membuat tinggi badan lebih pendek saat malam sekitar 1 centimeter. Sementara untuk ukuran tertinggi badan seseorang bisa terjadi ketika di pagi hari.

BACA JUGA : Peringati Scottish Wildcat Day, Kucing Liar di Skotlandia Ternyata Terancam Punah! Ini 3 Fakta Menariknya

2) Tidak sepenuhnya karena genetik

Fakta menarik tentang tinggi badan manusia selanjutnya ini tidak sepenuhnya dipengaruhi faktor genetik atau keturunan. 

Faktor genetik mempengaruhi tinggi badan sekitar 60 persen hingga 80 persennya, sementara sisanya tergantung dengan faktor lingkungan, gaya hidup, nutrisi, dan kebiasaan olahraga.

Jika rutin mengonsumsi buah, sayur, biji-bijian, susu, dan protein tanpa lemak yang mengandung vitamin serta mineral, maka pertumbuhan tinggi seseorang bisa sangat baik. 

Maka dari itu, saat usia anak-anak sangat disarankan untuk menerapkan pola makan yang sehat terutama susu tinggi kalsium, agar tubuh bisa tumbuh tinggi dengan baik.

Sumber: