Misteri Kerajaan Tertua di Jawa, Sebenarnya Ada di Kabupaten Purbalingga?

Misteri Kerajaan Tertua di Jawa, Sebenarnya Ada di Kabupaten Purbalingga?

--Foto: Youtube/Babad Nusantara

RADAR TEGAL-Hal misterius seperti sejarah dan keberadaan zaman kerajaan di Indonesia sangat menarik untuk kita bahas. Ada sebuah video yang menjelaskan tentang misteri kerajaan tertua di Jawa.

Misteri kerajaan tertua ini ternyata mucul di Kabupaten Purbalingga seperti yang ada dalam video youtube Babad Nusantara. Hal itu sangat menarik karena kerajaan di Jawa sangat berpengaruh bagi Nusantara.

Dalam video youtube tersebut menjelaskan, dalam cacatan Belanda Van Der Maulen menjelaskan hal ini. Buku yang ia karang yaitu Indonesia diambang sejarah.

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan mengulas tentang misteri kerajaan tertua di Jawa. Sebelumnya, coba kamu baca Salah Satu Keturunan Sultan Agung Menyiarkan Agama Islam di Tegal? Ini Dia Sosok Pangeran Purbaya Tegal di situs yang terpercaya ini.

Misteri kerajaan tertua di Jawa: Ternyata ada di Purbalingga?

Buku tersebut terbit pada tahun 1998 yang menjelaskan kerajaan pertama di Pulau Jawa adalah Kerajaan Galuh purba. Kerajaan ini kabarnya ada pada abad 1 Masehi di lereng Gunung Slamet.

Menurut sejarah, kerajaan Galuh ini adalah pendatang dari Kutai, Kalimantan Timur. Mereka yang pindah ke tempat ini membangun peradaban dan melakukan interaksi dengan penduduk setempat.

Setelah sudah membaur dengan penduduk setempat, mereka berbaur membahu membangun kerajaan Galuh purba. Kerjaan ini tumbuh dan berkembang hingga banyak orang yang mengagumi.

BACA JUGA:Konon Bisa Mengusir Makhluk Halus? Ini Dia Deretan Mitos Tentang Bambu Kuning yang Perlu Kamu Tahu

Menurut Londo Wulan, pada tahun ke 6 Masehi, wilayah kekuasaan kerajaan ini sangat luas. Luasnya bahkan sampai meliputi daerah Indramayu dan Cirebon hingga ke Purwodadi.

Pada saat kerajaan ini masih ada, kebanyakan nama daerah di tempat yang ia kuasai menggunakan nama yang mudah untuk dipahami. Biasanya ada kata "galuh" di tempat yang pernah kerajaan ini kuasai.

Bahasa kerajaan yang mendukung

Bahasa pada kerajaan ini merupakan bahasa yang tertua yang pernah ada. Bahasa tersebut adalah ngapakan.

Namun, pada dasarnya pada buku tersebut tidak jelas letak pusat kerajaan Galuh purba. Akan tetapi, ia menyebutkan bahwa letaknya ada di sekitar wilayah Gunung Slamet.

Berarti memungkinkan bahwa letaknya ada di antara daerah ngapak. Daerah tersebut seperti Tegal, Pemalang, Purbalingga dan sekitarnya.

BACA JUGA:Keraton Kerajaan Mataram Islam Pindah Kelima Kali, Geger Pecinan Keraton Pindah Ke Keraton Solo

Sumber: