Kaget Banget! Ternyata Ada Banyak Makam Wali Allah Di Bumi Tegal: Mulai Dari Pendiri Tegal Hingga Ulama Besar

Kaget Banget! Ternyata Ada Banyak Makam Wali Allah Di Bumi Tegal: Mulai Dari Pendiri Tegal Hingga Ulama Besar

--foto: Youtube/Al Furqon

TEGAL, RADAR TEGAL-Bikin kaget, tenyata banyak makan wali di Tegal yang tersebar baik di kota Tegal maupun Kabupaten Tegal. Memiliki daerah yang luas di Kabupaten dan Kota, Tegal mempunyai banyak tokoh bersejarah.

Tokoh bersejarah ini kebanyakan adalah penyebar ajaran agama Islam. Penyebar ajaran Islam ini juga menghembuskan nafas terakhirnya di Tegal.

Makam Wali di Tegal sampai saat ini masih banyak orang yang berziarah dan mendoaakan mereka. Kebanyakan juga sudah ada yang mengadakan Haul atau peringatan kematian.

Apa kamu mengenal dengan para Wali di Tegal yang ada di bawah ini? Atau kamu pernah mengunjungi makan Wali Tegal ini?

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan mengulas tentang makan Wali di Tegal. Sebelumnya, coba kamu baca artikel Salah Satu Keturunan Sultan Agung Menyiarkan Agama Islam di Tegal? Ini Dia Sosok Pangeran Purbaya Tegal di situs terpercaya ini.

Sosok penyebar ajaran Islam: Makam Wali Allah ada di Tegal

Bersumber dari chanel Youtube Al-Furqon, ada beberapa wali yang ada di Tegal. Berikut informasinya untuk Anda:

1. Makam Ki Gede Sebayu

Lokasi makan ini ada di Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang. Lebih tepatnya, lokasinya sekitar 100 meter ke utara dari bendungan dan jembatan gantung Danawarih.

Uniknya, makan Ki Gede Sebayu ada di tengah-tengah komplek pemakaman umum. Komplek pemakanan di sini identik dengan tembok berwarna putih.

Sedangkan untuk makan Ki Gede Sebayu sendiri ada di dalam bangunan yang mengadopsi model Joglo khas Jawa Tengah.

Makam Beliau selalu ramai oleh para peziarah. Pada saat HUT Kota atau Kabupaten Tegal selalu ada pegawai yang datang berziarah juga.

Ki Gede Sebayu juga masih memiliki silsilah dengan pangeran Onje di Kabupaten Purbalingga. Ia merupakan putra dari pangeran Onje.

BACA JUGA:Kabarnya Sering Terdengar di Tegal, Siapa Sebenarnya Sosok Dewi Rantamsari? Cek Kebenarannya Disini

2. Ki Ageng Anggawana

Selanjutnya, ada makam Ki Ageng Anggawana yang berada di Desa Kalisoka. Lokasi makanmnya sendiri ada persis di belakang masjid Kasepuhan Ki Ageng Anggawana.

Makam beliau sendiri dikelilingi oleh batu bata yang memiliki tinggi sekitar 120 cm. Tidak sembarangan yang bisa masuk ke dalam bangunan utama makam.

Sumber: