5 Pemakaman Terunik di Indonesia, Ada Dua dari Tana Toraja

5 Pemakaman Terunik di Indonesia, Ada Dua dari Tana Toraja

5 Pemakaman Terunik di Indonesia: Rumah Adat Jew (kiri atas), Pohon Tarra (kiri bawah), Batu Sarkofagus, (tengah), Pemakaman Trunyan (kanan atas), Batu Lemo (kanan bawah)--

3. Batu Sarkofagus, Sumbawa

Di tempat ini terdapat empat situs pemakaman kuno. Sarkofagus sendiri merupakan peti jenazah yang terbuat dari batu besar utuh dan berbentuk seperti lesung lengkap dengan wadah serta penutupnya. 

Tiap sarkofagus terdapat pahatan yang berbeda-beda dan konon punya maknanya tersendiri. Pahatan gambar wajah manusia bermakna 'mencegah dari mara bahaya', gambar kelamin manusia bermakna 'kesuburan', dan gambar buaya bermakna 'hubungan manusia dengan alam arwah atau para leluhur'. 

4. Pemakaman Trunyan, Kintamani

Pemakaman yang terletak di Desa Trunyan, Bali ini tidak dikubur atau dikremasi, tetapi cukup ditaruh di bawah pohon Taru Menyan. Jumlah jenazah yang ditaruh pun tidak boleh lebih dari sebelas orang.

Selain itu, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi untuk seseorang bisa dimakamkan di sana, seperti meninggal secara wajar, telah menikah, dan anggota tubuhnya lengkap. Uniknya, jenazah tersebut tidak berbau busuk.

BACA JUGA:Cerita Makam Ngujang Tulungagung yang Konon Dijadikan Sebagai Tempat Pesugihan Monyet, Begini Faktanya!

5. Batu Lemo, Tana Toraja

Pemakaman kuno ini berada di tebing batu kapur dengan jumlah lubang pemakaman lebih dari 70 buah menempel di dindingnya. Biasanya satu lubang berisi sekeluarga. 

Ada pula Tao-tao atau patung replika dari kayu sebagai representasi mereka yang sudah meninggal dan menempati makam tersebut. Bentuknya pun berdasarkan kebiasaan sewaktu jasad tersebut masih hidup. 

Demikian, informasi mengenai 5 pemakaman terunik di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin tahu tentang makam unik di Indonesia.***

Sumber: youtube good news from indonesia