Enak Nih, 5 Makanan Khas Makassar yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung Kesana

Enak Nih, 5 Makanan Khas Makassar yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung Kesana

Makanan Khas Makassar yang Wajib Kamu Coba saat Berkunjung Kesana--

RADAR TEGAL - Mengulas 5 makanan khas Makassar yang wajib kamu coba saat berkunjung kesana.

Makassar, sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi dan berbagai kuliner khas yang patut dicicipi.

Sebagai pusat pemerintahan, kota ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan maupun pecinta kuliner.

Salah satu makanan yang selalu menjadi ciri khas dari Makassar adalah coto Makassar. Coto Makassar adalah kuliner khas, yang sangat populer di kalangan wisatawan lokal ataupun lokar daerah. Yang membedakan dengan coto pada umumnya ialah, sajian ini menggunakan jeroan sapi sebagai isian dalm kuah soo yang nikmat.

Tak hanya coto Makassar, beberapa makanan khas kota Ujungpandang ini, layak kamu coba saat berkunjung kesana.

1. Konro

Konro, hidangan sup iga sapi khas Kota Makassar, memiliki kuah hitam yang mencolok berkat bahan utamanya, yaitu bumbu kluwuk dan campuran rempah-rempah. Sebelum dimasak, iga atau daging sapi dibaluri dengan berbagai bumbu dan direbus hingga matang.

Beberapa bumbu dan rempah yang digunakan mencakup merica, pala, kayu manis, air asam, dan kacang merah. Tidak hanya disajikan dalam bentuk sup, makanan khas Makassar ini juga bisa dinikmati dalam bentuk konro bakar.

BACA JUGA:Walaupun Padat Kawasan Industri dan Persawahan, 5 Makanan Khas Brebes Ini Tidak Kalah Enak Dengan Makanan Lain

2. Pallubasa

Kata Pallubasa berasal dari bahasa Makassar yang terdiri dari "palu" yang berarti makanan dan "basa" yang artinya basah. Walaupun mempunyai kemiripan dengan coto Makassar, Pallubasa dapat dibedakan oleh racikan bumbu khusus dan kuah yang lebih kental.

Pada zaman dahulu, pallubasa daging sapi bagian sirloin dan tenderloin menjadi hidangan istimewa bagi keluarga bangsawan, sementara jeroan saoi disantap oleh abdi atau bisa disebut sebagai masyarakat kelas bawah.

3. Kapurung

Selanjutnya ada Kapurung atau pugalu, yang menjadi salah satu maknaan khas Makassar.

Sumber: