Memiliki Arti Genangan Air, Ini Asal Usul Nama dan Sejarah Kota Palembang

Memiliki Arti Genangan Air, Ini Asal Usul Nama dan Sejarah Kota Palembang

--by traveloka.com

RADAR TEGAL - Palembang dinobatkan sebagai kota tertua di Indonesia. Kota Palembang didirikan pada 16 Juni 682 Masehi dan sekarang sudah berusia 1.340 tahun.

Kota Palembang dianggap sebagai pusat kerajaan Sriwijaya dan mendapat julukan Venesia dari timur, karena dulu Palembang menjadi pusat kekuatan maritim terbesar di Asia Tenggara.

Asal usul nama dan sejarah Kota Palembang ini sangat menarik untuk Anda ketahui, karena terdapat beberapa versi yang semuanya atau salah satunya mungkin saja benar. 

Dilansir dari kanal Youtube kQ guwatalk, terdapat beberapa versi asal usul nama dan sejarah Kota Palembang. Yuk, langsung saja Anda simak artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Mengejutkan! Ini 5 Kota Tertua di Indonesia, Semuanya Sudah Berusia 1.000 Tahun

Asal Usul Nama Palembang 

Terdapat beberapa versi mengenai asal usul nama Kota Palembang. Salah satu versinya adalah pada saat penguasa Sriwijaya mendirikan sebuah Wanua atau kota yang sekarang dikenal dengan kota Palembang, kemungkinan karena melihat kondisi topografi daerah tersebut.

Nenek moyang orang Palembang memberi nama kota ini sebagai Palembang yang diambil dari kata ‘Pa’ yang artinya suatu tempat atau keadaan dan ‘Lembang atau Lembeng’ artinya tanah yang rendah, sedangkan menurut bahasa Melayu Palembang, Lembang atau Lembeng adalah genangan air.

Sehingga dapat diartikan nama Palembang memiliki arti suatu tempat yang digenangi oleh air. Hal ini karena sebagian wilayah Palembang merupakan daerah perairan.

Versi yang lainnya mengaitkan Kota Palembang dengan kata dalam bahasa Jawa ‘Limbang’ yang berarti membersihkan biji atau logam dari tanah atau benda-benda lainnya. Sedangkan ‘Pa’ adalah kata depan yang dipakai orang Jawa untuk menunjuk suatu tempat berlangsungnya usaha atau keadaan.

Versi asal usul penamaan Kota Palembang ini terkait erat dengan peran Palembang pada masa lalu yang terkenal sebagai tempat mencuci emas dan biji timah. Ada juga versi lain yang menyebutkan ‘Limbang’ artinya tanah yang dihanyutkan air ke tepi. 

BACA JUGA:Bukan Harta, ini 5 Alasan Maluku Utara Menjadi Provinsi Paling Bahagia di Indonesia

Sejarah Kota Palembang 

Pada awal abad ke-15 kota Palembang diduduki perompak Chen Zuyi yang berasal dari Tiongkok. Armada bajak laut Chen Zuyi ini kemudian ditumpas oleh Laksamana Cheng Ho pada tahun 1407.

Sumber: youtube.com/kq guwatalk