10 Julukan Unik Kota di Indonesia, Ternyata Padang Bukan Kota Rendang

10 Julukan Unik Kota di Indonesia, Ternyata Padang Bukan Kota Rendang

--by badan-penghubung.jabarprov.go.id

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Indonesia memiliki 98 kota yang tersebar dari sabang hingga merauke. Kota-kota di Indonesia ini memiliki julukan unik yang menunjukkan ciri khas masing-masing.

Julukan unik ini bukan hanya asal diciptakan saja, tetapi julukan tersebut memiliki makna dan sejarah yang sangat berarti. 

Masih banyak orang yang belum mengenal beberapa julukan unik tersebut. Bahkan ada julukan yang berbeda dari yang kita pikirkan.

Contohnya Padang yang ternyata bukan Kota Rendang. Mengutip dari kanal YouTube SAkuu, terdapat beberapa kota yang memiliki julukan unik dan radartegal.disway.id sudah merangkumnya untuk kamu. Yuk, langsung saja simak artikel berikut ini.

BACA JUGA:Ini 10 Provinsi Termiskin di Indonesia, Papua Masih Menduduki Posisi Pertama

10 Julukan Unik Kota di Indonesia

1. Kota Kembang

Kembang dalam bahasa Jawa artinya bunga. Bandung disebut sebagai Kota Kembang karena banyak bunga yang tumbuh subur dengan warna-warna yang indah.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya taman bunga di Bandung, seperti kebun Begonia Lembang, Taman Bunga Lembang Cihideung, Kampoeng tulip, Taman Pustaka Bunga, Rumah Bunga Rizal, dan masih banyak lagi.       

2. Kota Apel

Malang mendapat julukan Kota Apel karena menjadi salah satu kota penghasil apel terbesar di Indonesia. Satu buah pohon apel di Kota Malang bisa menghasilkan apel sebanyak 9-10 kg/pohon. 

Selain itu, Malang juga disebut sebagai Kota Wisata karena banyak tempat wisata unik di sini, apalagi letak Malang yang dekat dengan Kota Batu yang punya destinasi wisata yang lebih banyak lagi.

3. Kota Tercinta

Kota Tercinta merupakan julukan untuk Kota Padang. Hal itu karena keindahan alam Kota Padang yang bisa membuat semua orang jatuh cinta.

Keindahan Kota Padang yang dikelilingi perbukitan dan langsung menghadap Samudera Hindia, menjadi alasan utama mengapa orang bisa jatuh cinta dengan Kota Padang.

4. Kota Pempek

Semua orang pasti tahu julukan Kota Pempek diberikan pada Kota Palembang. Palembang disebut sebagai Kota Pempek, karena makanan ini merupakan makanan khas Palembang.

Pempek merupakan makanan yang terbuat dari ikan yang dicampur dengan tepung sagu dan biasanya disajikan bersama kuah berwarna kecokelatan yang disebut cuko.

5. Kota Seribu Benteng

Kota Sabang memiliki banyak benteng peninggalan Jepang, sehingga muncul julukan Kota Seribu Benteng untuk Kota Sabang.

Ketika perang dunia kedua, Jepang sempat menjadikan Sabang sebagai pelabuhan militer untuk menghalau musuh. Oleh karena itu, Jepang membangun ribuan benteng dan bungker yang masih ada sampai sekarang.

BACA JUGA:10 Provinsi dengan Tingkat Kebahagiaan Tertinggi di Indonesia, Ada yang Termasuk Provinsi Termiskin

6. Kota Kasih

Kupang memiliki tingkat toleransi yang tinggi, sehingga mendapat julukan Kota Kasih. Masyarakat Kupang yang memiliki beragam agama hidup damai berdampingan.

Masyarakat Kupang hidup saling menghargai antar umat beragama dan tidak membeda-bedakan agama yang satu dengan lainnya.

7. Kota Manise

Manise memiliki arti cantik dan indah. Ambon mendapatkan julukan kota manise, karena keindahan alamnya yang sangat mengagumkan.

Ambon memiliki beberapa tempat wisata yang cantik, contohnya Pantai Pintu Kota, Natsepa, Liang, dan masih banyak lagi.

8. Kota Senja

Kaimana mendapat julukan Kota Senja, karena Anda bisa menikmati sunset yang luar biasa indah di sini.

Bagi pecinta senja, Anda bisa mendapatkan sunset terbaik dengan gradasi warna yang akan membuat Anda takjub.

9. Kota Khatulistiwa

Pontianak merupakan kota yang dilewati garis lintang nol derajat atau biasa disebut garis Khatulistiwa, sehingga Pontianak mendapat julukan Kota Khatulistiwa.

Pontianak memiliki Tugu Khatulistiwa yang menjadi tonggak garis khatulistiwa. Setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, matahari akan muncul tepat di atas kepala.

10. Kota Minyak

Balikpapan menjadi salah satu kota penghasil minyak terbesar di Indonesia, sehingga Balikpapan mendapat julukan sebagai Kota Minyak.

Banyak perusahaan yang membangun kilang minyak di Balikpapan, hal itu karena Balikpapan memiliki kekayaan minyak yang melimpah.

Demikian, informasi mengenai 10 julukan unik kota di Indonesia. Julukan-julukan tersebut bisa digunakan sebagai identitas kota masing-masing. ***

Sumber: youtube.com/sakuu