Kampung Nelayan tapi Isinya Rumah Mewah? Ini Desa Bendar, Salah Satu yang Terkaya di Indonesia

Kampung Nelayan tapi Isinya Rumah Mewah? Ini Desa Bendar, Salah Satu yang Terkaya di Indonesia

Desa Bendar--twitter.com

Penghasilan penduduk desa ini rata-rata sekitar 80-100 juta rupiah perbulan. Bahkan, omset tangkapan nelayan pernah mencapai 140 miliar rupiah dalam setahun. 

Tradisi sedekah laut Desa Bandar 

Meskipun sudah menjadi desa yang kaya, dan masyarakatnya sudah hidup sejahtera, desa ini tidak melupakan tradisi-tradisi yang sudah ada sejak dahulu.

Tradisi itu adalah tradisi sedekah laut. Setiap tahun, masyarakat desa ini akan mengadakan sedekah laut dan karnaval. 

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkap rasa syukur kepada Sang Pencipta karena sudah diberi hasil tangkapan nelayan yang berlimpah. 

BACA JUGA:Desa Kutuh Menjadi Desa Terkaya di Indonesia, Kira-Kira Berapa Pendapatannya, Ya?

Adanya kerja sama yang baik antarwarga Desa Bendar 

Desa ini memiliki hubungan kekeluargaan yang erat antarsesama warganya. Mereka saling tolong menolong, peduli terhadap satu sama lain, dan melindungi satu sama lain. 

Ketika ada gotong-royong desa, semua warga terlibat. Jika ada yang berhalangan, maka kehadirannya digantikan oleh uang sebagai sumbangan. 

Ketika ada yang sakit, maka mereka akan saling membantu, menjenguk, memberikan pertolongan kepada yang sedang kesusahan. 

Hal ini juga berlaku ketika melaut, warga desa ini bersedia untuk saling meminjami peralatan untuk melaut kepada warga lain. Mereka juga saling percaya, sehingga tidak ada rasa khawatir takut kehilangan barang milik sendiri. 

Demikian informasi terkait Desa Bendar, salah satu desa terkaya di Indonesia. Kesuksesan memang harus diawali dengan kerja keras, seperti yang dilakukan warga desa ini.***

Sumber: youtube daftar populer