Kampung Nelayan tapi Isinya Rumah Mewah? Ini Desa Bendar, Salah Satu yang Terkaya di Indonesia

Kampung Nelayan tapi Isinya Rumah Mewah? Ini Desa Bendar, Salah Satu yang Terkaya di Indonesia

Desa Bendar--twitter.com

RADAR TEGAL - Indonesia merupakan negara dengan beribu pulau dan memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Masyarakat desa merupakan satuan terkecil dalam sistem pemerintahan negara yang turut mengelola kekayaan alam dan potensinya. 

Ada beberapa desa yang memaksimalkan potensi yang dimilikinya hingga meningkatkan pendapatan desa. Itulah yang dilakukan oleh desa Bendar

Melansir dari kanal youtube Daftar Populer, berikut sederet informasi terkait Desa Bendar

BACA JUGA:Desa Ponggok, Salah Satu Desa Terkaya di Indonesia yang Punya 5 Mata Air

Desa Bendar, salah satu desa terkaya di Indonesia

Desa Bendar berada di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Desa ini memiliki kampung nelayan yang sempat viral karena kekayaan warganya. 

Biasanya wilayah pesisir yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai nelayan ini dikenal dengan kampungnya yang kotor atau kumuh. Tetapi, hal tersebut tidak berlaku di Desa Bendar. 

Masyarakat desa ini semuanya memiliki perekonomian yang baik. Jika berkunjung ke desa ini, Anda akan melewati deretan rumah besar nan mewah milik masyarakat Desa Bendar. 

Rumah-rumah inilah yang menjadikan desa ini sempat viral di media sosial. Mungkin banyak orang bertanya-tanya, bagaimana bisa desa pesisir ini berisi orang-orang kaya padahal profesinya hanya sebagai nelayan?

Usaha yang dilakukan pemerintah dan warga Desa Bendar 

Sebenarnya, sebelum mencapai puncak kejayaannya, desa ini juga sama seperti desa lain yang miskin dan kumuh. Kemudian perubahan terjadi di tahun 1980-an. 

Pada tahun tersebut terjadi desentralisasi. Desentralisasi merupakan pemberian wewenang dari pengelola atas kepada pengelola di bawahnya. 

Selain itu, pemerintah juga memutuskan untuk mengeruk Sungai Juwana. Setelah pengerukan itu, kapal mulai ramai berdatangan dan industri pengolahan ikan pindang pun mulai berkembang pesat. 

Pada awalnya, masyarakat desa ini hanya bekerja sebagai ABK atau Anak Buah Kapal. Namun, semenjak perubahan itu, banyak dari mereka yang mulai menabung hingga bisa memiliki kapal sendiri. 

Bahkan, banyak dari nelayan yang memiliki usaha jual-beli kapal dan menjadikan Desa Bendar sebagai kampung nelayan terkaya di Indonesia. 

Sumber: youtube daftar populer