Sumpek dan Bosan Tinggal di Pulau Jawa? Ini 4 Provinsi Tersepi di Indonesia

Sumpek dan Bosan Tinggal di Pulau Jawa? Ini 4 Provinsi Tersepi di Indonesia

Provinsi tersepi di Indonesia--

RADAR TEGAL – Banyaknya penduduk dan arus urbanisasi membuat Pulau Jawa semakin penuh dan sesak. Apabila kamu ingin mencoba pengalaman hidup yang berbeda, maka provinsi tersepi di Indonesia ini dapat menjadi salah satu pilihan tempat tinggal.

Mengunungi salah satu provinsi tersepi di Indonesia juga dapat menjadi solusi dari perasaan sumpek akibat kepadatan penduduk yang sangat signifikan di Pulau Jawa.

Pada artikel ini akan membahas 4 provinsi tersepi di Indonesia. Apa saja, ya?

BACA JUGA:Dekat dengan Pulau Jawa, Pulau Natal Ini Ternyata Kerabat Indonesia

4 Provinsi paling sepi di Indonesia

1. Kalimantan Utara

Provinsi Kalimantan Utara menduduki peringkat pertama sebagai provinsi tersepi di Indonesia. Wilayah dengan luas setara dengan negara Skotlandia atau mencapai 75.467 km2, hanya memiliki penduduk sekitar 648 ribu orang.

Kepadatan di wilayah sangat rendah, sebab saking sepinya 9 orang penduduk dapat menempati 10.000 meter wilayah provinsi ini. Kebayang kan lengangnya seperti apa di provinsi ini.

Fakta unik wilayah Kalimantan Utara ternyata menjadi provinsi termuda di Indonesia. Pada setiap satu kecamatan, hanya terdapat sekitar 788 penduduk.

Jika kamu ingin pergi ke Malaysia, jarak yang ditempuh sangat dekat. Hal itu disebabkan Kalimantan Utara berada tepat bersebelahan dengan negara Jiran tersebut.

Provinsi Kalimantan Utara juga memiliki pulau unik, yakni Pulau Sebatik. Keunikan pulau ini disebabkan satu pulau dengan dua negara.

Bahkan, terdapat salah satu rumah penduduk yang bagian depannya masuk ke wilayah Indonesia, sedangkan bagian belakang rumahnya sudah masuk wilayah Malaysia.

BACA JUGA:Menjadi Provinsi Termiskin di Indonesia, Nusa Tenggara Barat Memiliki Potensi Wisata yang Menakjubkan

2. Papua

Wilayah Provinsi Papua sangat luas, bahkan termasuk ke dalam provinsi terbesar di Indonesia. Meskipun begitu, luas wilayah provinsi ini tidak sebanding dengan penduduknya.

Mirip dengan kepadatan Argentina, provinsi ini memiliki kepadatan sekitar 14 orang/km2. Lokasi yang sangat timur di bagian Indonesia, membuat Provinsi Papua bertetangga secara langsung dengan negara lain.

Fakta lain tentang provinsi ini ialah memiliki jumlah kabupaten dengan kecamatan terbanyak. Salah satu contohnya adalah Kabupaten Yakuhimo dengan 51 kecamatan di dalamnya.

Di provinsi inilah tempat harta karun terpendam. Tentunya sudah tidak asing lagi dengan perusahaan Freeport yang terkenal. Nah, perusahaan ini telah ada di Provinsi Papua dan menjadi perusahaan emas terbesar ke-2 di dunia.

Meskipun wilayah ini penduduknya sedikit, tetapi Provinsi Papua memiliki taman terbesar di Asia Tenggara, yakni Taman Nasional Lorentz.

BACA JUGA:Selain Ibukota Indonesia yang Akan Pindah, Beberapa Provinsi ini Ternyata Duluan Memindahkan Ibukotanya

3. Kalimantan Tengah

Memiliki luas wilayah sekitar 153.564 km2, menjadikan Provinsi Kalimantan Tengah sangat sepi karena tidak sebanding dengan jumlah penduduknya.

Hal tersebut juga dapat dibandingkan dengan Bangladesh yang memiliki penduduk lebih dari 150 juta jiwa dan luas wilayahnya hanya 144.000 km2.

Penduduk asli Provinsi ini merupakan suku Dayak dan kepadatan penduduknya hanya sekitar 17 jiwa/km2. Fakta menarik tentang provinsi ini ialah memiliki kota terluas di Indonesia, yakni Palangkaraya. Luas kota tersebut 267,8 hektare.

Penduduk Kalimantan Tengah terkenal dengan transportasi airnya. Hal itu disebabkan provinsi ini memiliki 11 dermaga utama dan 6 sungai besar. Semua jalur air ini tidak hanya berguna untuk jalur perekonomian, melainkan sebagai wisata alam.

Kekayaan lain pada provinsi ini adalah terdapat hewan endemik yang sangat mendunia, yaitu orangutan. Tidak hanya itu, provinsi ini juga memiliki Taman Nasional Tanjung Putting yang luasnya 4,15 ribu kilometer persegi.

BACA JUGA:10 Provinsi dengan Tingkat Kebahagiaan Tertinggi di Indonesia, Ada yang Termasuk Provinsi Termiskin

4. Maluku

Memiliki luas wilayah 46.914 km2, Provinsi Maluku hanya memiliki 2 juta penduduk di dalamnya. Provinsi ini terletak di Indonesia bagian timur, dan kepadatan penduduknya hanya 39 jiwa/km2.

Provinsi ini mempunyai semboyan “Siwa Lima”, yang bermaksa saling memiliki. Semboyan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat penduduk sangat menjunjung tinggi kebersamaan dan persatuan.

Nama Maluku sendiri merupakan nama daerah tertua di Indonesia. Hal itu didasarkan pada catatan prasasti yang menyatakan Provinsi Maluku telah ada bersamaan dengan berdirinya kerajaan di Timur Tengah di masa kepemimpinan Firaun.

Jejak sejarah dalam provinsi ini terdapat Masjid Tuo Hunto Sultan Amay peninggalan Kerajaan Hulondhako. Keberadaan masjid ini telah ada sejak tahun 1495M dan berlokasi di Kelurahan Biawau, Siendeng.

BACA JUGA:10 Provinsi Terkaya di Indonesia, DKI Jakarta Menduduki Posisi Pertama

Nah itu dia berbagai provinsi tersepi di Indonesia yang dapat menjadi alternatif tujuan berwisata maupun tempat tinggal yang jauh dari kebisingan. Kalau kamu mau coba berkunjung ke daerah yang mana dulu?***

Sumber: https://www.bing.com/ b139503a6d61&psq=wilayah+paling+sepi+penduduk+di+indonesia+&u=