Selain Ibukota Indonesia yang Akan Pindah, Beberapa Provinsi ini Ternyata Duluan Memindahkan Ibukotanya

Selain Ibukota  Indonesia yang Akan Pindah, Beberapa Provinsi  ini Ternyata Duluan Memindahkan Ibukotanya

Beberapa Provinsi Indonesia yang Duluan Pindah Ibukota--

TEGAL, radartegal.disway.id - 5 Provinsi yang pernah memindahkan ibukotanya.

Indonesia berencana untuk memindahkan Ibukota negaranya. Namun apakah sobat tahu, beberapa provinsi di Indonesia ini sudah duluan pernah pindah Ibukota.

Umumnya fungsi dari adanya Ibukota adalah sebagai pusat pemerintahan. Tugas ini dijalankan untuk menjadikan Ibukota sebagai simbol suatu negara atau daerah yang secara langsung menunjukan siapa yang mengatur dan mengendalikan kepemerintahan dalam suatu negara atau daerah tersebut.

Sedangkan untuk alasan suatu daerah atau negara mengharuskan Ibukotanya pindahbisa terjadi karena beban suatu daerah Ibukota lama yang telah melampaui batas maksimal, dikarenakan jumlah penduduk yang hanya terfokus di daerah tersebut.

BACA JUGA:Memiliki 1 Juta Lebih Penduduk, Berikut Ini 10 Kabupaten Terluas di Jawa Tengah

OKe setelah sedikit mengulas fungsi Ibukota dan alasan mengapa Ibukota harus pindah, selanjutnya kami akan membahas beberapa provinsi yang pernah memindahkan Ibukotanya, yang akan diterangkan dibawah ini!

5 Provinsi di Indonesia ang Pernah Pindah Ibukota

1. Provinsi Riau

Provinsi Riau merupakan pecahan dari Provinsi Sumatera Tengah. Pada awal pembentukan Provinsi Riau, Ibukotanya terletak di Tanjung Pinang karena pada saat itu wilayah dari Tanjung Pinang meencakup Kepulauan Riau.

Setelah 7 bulan didirikan, Ibukotanya pindah dari Tanjung Pinang ke Pekanbaru.

2. Provinsi Kalimantan Tengah

Selanjutnya nih sob ada Provinsi Kalimantan Tengah. Provinsi ini merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Kalimantan Selatan. Pada awal pembentukannya, Provinsi Kalimantan Tengah berIbukota di Palangka Raya.

Walaupun Provinsi Kalimantan Tengah memiliki Ibukota yang berlokasi di Palangka Raya, namun sementara pusat pemerintahannya berada di Banjarmasin. Sampai satu setengah tahun kemudian, barulah kedudukan Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah kembali ke Palangka Raya.

3. Provinsi Sumatera Barat

Sumber: youtube: mahasiswa geografi