Menjadi Provinsi Termiskin di Indonesia, Nusa Tenggara Barat Memiliki Potensi Wisata yang Menakjubkan

Menjadi Provinsi Termiskin di Indonesia, Nusa Tenggara Barat Memiliki Potensi Wisata yang Menakjubkan

--by piknikwisata.com

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Nusa Tenggara Barat menduduki urutan kedelapan provinsi termiskin di Indonesia, padahal Nusa Tenggara Barat memiliki potensi di bidang pariwisata. Jika potensi tersebut terus dikembangkan, maka perekonomian masyarakat Nusa Tenggara Barat bisa meningkat.

Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan bentang alamnya yang indah. Provinsi yang sering dipanggil NTB ini terkenal dengan pantainya yang indah dan masyarakatnya yang masih menjaga kebudayaan asli Nusa Tenggara Barat. 

Dilansir dari kanal Youtube Daftar Populer, Nusa Tenggara Barat memiliki beragam tempat wisata dan kuliner yang wajib Anda coba dan radartegal.disway.id sudah merangkumnya untuk Anda. Yuk, langsung saja Anda simak artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Ini 10 Provinsi Termiskin di Indonesia, Papua Masih Menduduki Posisi Pertama

Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat memiliki Pulau Lombok yang terkenal dengan keindahan pantainya. Lombok juga mendapat julukan ‘Negeri Seribu Masjid’ karena terdapat 3.767 masjid besar dan 5.184 masjid kecil yang tersebar di seluruh Pulau Lombok. 

Pulau Lombok memiliki banyak pantai yang bisa Anda kunjungi, seperti Pantai Pink, Pantai Selong Belanak, Pantai Kuta-Lombok, dan masih banyak pantai lainnya. Semua pantai tersebut memiliki air yang berwarna hijau kebiruan dengan pasir putih yang mengelilinginya. 

Selain memiliki pantai yang indah, Pulau Lombok juga memiliki bukit yang menawarkan panorama sunset yang menakjubkan, seperti Bukit Malimbu dan Bukit Merese.

Nusa Teggara Barat juga menjadi tempat Sirkuit Mandalika berada. Sirkuit Mandalika dikelilingi oleh perbukitan dan pantai yang indah, sehingga tidak heran Sirkuit Mandalika menjadi sirkuit terindah di dunia. 

Pada bulan Oktober nanti akan ada gelaran balap motor bergengsi dunia, yaitu MotoGP di Sirkuit Mandalika ini. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan ini, karena kapan lagi Anda bisa melihat aksi Marquez dan Quartararo di negara sendiri.

BACA JUGA:Dulu Bernama Celebes, Begini Asal Usul Nama Pulau Sulawesi yang Jarang Diketahui

Kuliner Khas Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat memiliki minuman khas dengan nama unik, yaitu Es Sarang Burung. Minuman ini terbuat dari buah-buahan, agar-agar, nata de coco, biji selasih, dan sirup.

Penamaan Es Sarang Burung bukan karena terbuat dari sarang burung asli, tetapi karena agar-agar yang diserut menyerupai sarang burung. 

Sumber: youtube.com/daftar populer