Di Balik Dua Tugu Teh sebagai Ikon: Fakta Unik Tegal dan Budaya Minum Teh

Di Balik Dua Tugu Teh sebagai Ikon: Fakta Unik Tegal dan Budaya Minum Teh

Dua ikon teh yang ada di Kabupaten Tegal--

RADAR TEGAL, Tegal punya julukan sebagai Jepang-nya Indonesia. Bukan tanpa alasan, hal ini karena Tegal punya karakteristik khas yang mirip dengan image Jepang, yaitu merupakan daerah industri penghasil logam, dan punya budaya minum teh yang khas.

Budaya minum teh ini bisa kita simak kembali dari sejarah awal mula masuknya teh ke Indonesia. Tegal sudah kenal tradisi minum teh sebelum budidaya teh di Indonesia.

Di zaman dahulu, pesisir Tegal menjadi salah satu jalur masuknya perdagangan. Teh sekaligus dengan budaya minum teh dibawa langsung dari Tiongkok. Tahukah Anda jenis teh ini yang sampai sekarang menjadi favorit masyarakat Indonesia? Ya, teh melati.

Tahukah Anda bahwa Tegal, baik kabupaten dan kota, tidak hanya memiliki budaya minum teh ini, tetapi juga daerah industri teh terbesar di Indonesia?

Dilansir dari Youtube Halo Tegal, inilah informasi budaya minum teh di Tegal, daerah yang memiliki dua tugu teh sebagai ikonnya.

BACA JUGA:Bermula dari Sepasang Suami Istri Keturunan Tionghoa, Inilah Sejarah Industri Telur Asin di Brebes

Sepuluh Industri Teh Terbesar di Indonesia Ada di Tegal

Ketika melihat hal ini, mungkin orang akan bertanya-tanya bagaimana bisa daerah kecil di pesisir utara ini bisa menguasai perindustrian teh di negara ini.

Satu-satunya daerah yang memiliki lahan penghasil teh di Tegal adalah daerah Bojong dan Bumijawa. Tetapi, kedua daerah ini tidak menghasilkan komoditas teh sebagai produksi utama. Tidak cukup untuk industri teh yang mendistribusikan sekian besar produknya ke seluruh Indonesia.

Jadi, bahan baku teh banyak didatangkan dari kebun-kebun teh di Jawa Barat. Nah, untuk bisa membuat teh melati yang disukai masyarakat Indonesia, industri teh memerlukan bahan bunga melati.

Pemalang adalah daerah penghasil bunga melati yang besar. Industri teh di Tegal pun mendatangkan suplai bunga melati dari Pemalang. Bisa disimpulkan bahwa faktor lokasi juga bermain peran dalam berkembangnya industri teh di Tegal.

BACA JUGA:Ngga Hanya di Cikarang! Tegal Juga Punya Kawasan Industri, Berikut Sejarah Julukan Tegal Jepangnya Indonesia

Daerah yang Memiliki Dua Tugu Teh sebagai Ikon

Tegal mempunyai dua tugu dengan teh sebagai objek utamanya. Kedua tugu ini berlokasi di Tegal daerah kabupaten.

Sumber: https://youtu.be/f7zgjft6q9q