Hidup Sejak Ratusan Tahun yang Lalu! Kenali 3 Hewan Purba di Indonesia yang Ada Hingga Sekarang

Hidup Sejak Ratusan Tahun yang Lalu! Kenali 3 Hewan Purba di Indonesia yang Ada Hingga Sekarang

Belangkas, salah satu hewan purba di Indonesia yang masih ada hingga sekarang--Pinterest

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Seperti yang kita tahu, Indonesia adalah negara yang punya kekayaan alam luar biasa. Kekayaan ini bisa dilihat dari alam yang menjadi habitat berbagai flora dan fauna. Bahkan, dari beberapa fauna itu adalah hewan purba di Indonesia yang masih ada.

Hewan purba di Indonesia ini sudah hidup jauh sebelum adanya peradaban, bahkan mungkin sudah mengalami evolusi. Tentunya, hal ini dipengaruhi oleh perubahan zaman, cuaca, dan lingkungan.

Perubahan pada hewan purba di Indonesia ini bisa jadi ada pada ukuran maupun bentuk tubuh tertentu. Tetapi, penelusuran ilmiah menemukan bahwa hewan-hewan ini dahulunya adalah hewan purba yang hidup beberapa ratus tahun lalu.

Dilansir dari Tobi Nolep, inilah 3 hewan purba di Indonesia yang masih ada di zaman sekarang.

BACA JUGA:Dari Bikin Gatal-gatal Hingga Kematian, Inilah 7 Tanaman Beracun di Indonesia

1. Belangkas

Hewan belangkas, juga yang dikenal sebagai kepiting tapal kuda ini merupakan spesies purba avertebrata, yaitu hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Menurut para ahli, belangkas sudah hidup sekitar 250 hingga 400 juta tahun yang lalu. Melihat ceteakan fosilnya, bentuk tubuhnya sudah mengalami perubahan. Kalau sekarang, belangkas ini termasuk satwa yang dilindungi.

2. Ikan Coelacanth

Hewan purba di Indonesia selanjutnya adalah ikan Coelacanth. Nama ikan ini terdengar asing bagi orang awam. Tidak salah karena hewan ini bisa dibilang seekor ikan yang sangat langka.

Kabarnya, ikan Coelacanth sempat dinyatakan punah. Tetapi, pada tahun 1998 ikan ini ditemukan kembali di perairan Manado tua Sulawesi Utara.

Ikan yang punya nama lain raja laut ini dikabarkan hidup sekitar 400 juta tahun yang lalu. Tetapi, jenis ikan raja laut ini kabarnya merupakan spesies baru yang masih satu ordo dengan ikan Coelacanth.

BACA JUGA:Wajib Dilindungi! Ini 4 Hewan Langka yang Cuma Bisa Ditemukan di Indonesia

3. Komodo

Sumber: https://youtube.com/shorts/dzi8do7rb7e?feature=share