Serupa tapi Tak Sama, Ini Dia 10 Perbedaan Hindu Bali dan Hindu India

Serupa tapi Tak Sama, Ini Dia 10 Perbedaan Hindu Bali dan Hindu India

Suasana Hindu di Bali (kiri) dan Hindu di India (kanan)--

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Agama yang sama tidak menutup kemungkinan memiliki perbedaan di tiap tempat berbeda. Bali dan India sama-sama penganut agama Hindu, tapi ternyata ada perbedaan Hindu Bali dan Hindu India.

Perbedaan Hindu Bali dan Hindu India ini dapat terjadi karena kedua tempat tersebut memiliki kultur yang berbeda dan juga aliran atau pandangan berbeda. Sebelum agama Hindu muncul di Indonesia tahun 130 M, agama kelanjutan dari Brahmanisme tersebut sudah ada di India sejak tahun 600 SM. 

BACA JUGA:Ciptakan Bahasa Isyarat Sendiri? Desa Bengkala Ini Bagai Hidden Gems-nya Bali

Bahkan, uniknya ada nama kota di India yang juga bernama Bali dan sama-sama memiliki wisata religi Hindu sebagaimana Bali di Indonesia yang mempunyai julukan sebagai Negeri Seribu Pura. Namun, ada perbedaan Hindu Bali dan Hindu India dalam penyebutan nama tempat ibadah mereka masing-masing. 

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal apa saja perbedaan antara satu agama dalam dua tempat yang hampir serupa dalam artikel sebelumnya. Melansir dari kanal youtube Angka & Data Channel, berikut informasi mengenai 10 perbedaan Hindu Bali dan Hindu India

BACA JUGA:7 Kota Asing yang Mirip Kota di Indonesia, Ternyata Bali Hampir Serupa

10 Perbedaan Hindu di Bali dan India 

1. Beda kultur

Perbedaan kultur di antara kedua tempat tentu mempengaruhi bagaimana mereka menjalankan upacara dan peribadatan mereka masing-masing. Agama Hindu di Bali ini menganut konsep Hindu Nusantara yang lebih moderat tanpa menghilangkan Panca Sradha

Hal ini karena Bali menggunakan kultur khas Nusantara dalam upacara dan peribadatannya. Sementara itu, India menggunakan kultur khas mereka sendiri juga dalam agama Hindu murni yang mereka anut.

2. Beda hari raya

Perbedaan hari raya pada agama Hindu di Bali tidak sama dengan Hindu murni di India. Jika di Bali ada hari raya Nyepi, Galungan, dan Kuningan, maka di India tidak ada hari tersebut melainkan hari raya Dipawali, Durga Puja, dan Kholik.

Bali tidak merayakan Dipawali layaknya India karena dulu agama Hindu dibawa masuk oleh orang Tamil, di India Selatan, yang hanya merayakan Tahun Baru Saka atau Nyepi. Sementara itu, hari raya Dipawali biasanya dirayakan oleh umat Hindu di India Utara. 

3. Hindu India vegan

Sumber: https://youtu.be/jeonfi4dtla