Serupa tapi Tak Sama, Ini Dia 10 Perbedaan Hindu Bali dan Hindu India

Serupa tapi Tak Sama, Ini Dia 10 Perbedaan Hindu Bali dan Hindu India

Suasana Hindu di Bali (kiri) dan Hindu di India (kanan)--

Aliran agama Hindu yang berbeda juga mempengaruhi bagaimana pola makan para umatnya. Umat Hindu di Bali jarang ada yang vegetarian, kecuali dari kasta Brahmana, karena mereka menganut aliran Siwa Sidhanta.

Ajaran tersebut merupakan pelaksanaan ajaran Siwa Budha di Bali yang disebut juga sebagai Ajaran Nusantara sehingga berbeda dengan turunan dari sekte Siwa di India. Sementara itu, ajaran Hindu murni di India lebih ketat dalam larangan memakan daging, terutama sapi. 

4. Caturwarna dan pancawarna

Agama Hindu memiliki konsep strata sosial atau kelas bagi umatnya yang mana penerapan tersebut berbeda antara Bali dan India. Strata sosial yang Bali praktekkan terdiri dari empat atau caturwarna, yaitu Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra.

Sementara itu, agama Hindu di India memakai konsep pancawarna. Konsep tersebut menambahkan satu kasta yang terendah setelah empat kasta di pancawarna, yaitu kasta pariah, yang menganggap manusia sama seperti hewan. 

BACA JUGA:Cara Hidupnya Masih Seperti Zaman Pra-Majapahit, Kenalan dengan Desa Tenganan Bali

5. Hindu India hanya Weda

Seperti yang dibahas sebelumnya, Hindu di Bali sudah mengalami berbagai sinkretisme sehingga ajarannya berbeda dengan Hindu murni di India. Hindu di Bali berpedoman pada filsafat Weda, tetapi mengakulturasinya dengan ajaran Budha sehingga muncul ajaran Siwa Budha

Sementara itu, India sebagai tempat asal agama Hindu murni tentunya hanya mengambil filsafat asli dari Weda saja. Meskipun begitu, mereka juga memiliki berbagai sekte dalam agama Hindu yang berbeda jauh dengan di Bali. 

6. Beda suasana

Bali dan India mempunyai cara berbeda untuk merayakan hari keagamaan Hindu. Biasanya, saat Tahun Baru Saka, orang Hindu Bali akan Nyepi atau berdiam diri di rumah dan meninggalkan segala aktivitas, termasuk aktivitas di bandara.

Sementara itu, Hindu India berbanding terbalik karena mereka malah pergi keluar rumah dan berkumpul beramai-ramai sambil berjalan di jalanan dengan membawa gentong di kepala.

BACA JUGA:Pengantin Dilarang Lewati Jalur Bawah Pohon Bunut Bolong di Jembrana Bali Ini, Berisiko Tidak Harmonis!

7. Nama tempat ibadah

Hindu Bali biasanya menyebut tempat ibadah mereka dengan pura sehingga muncul juga istilah Bali sebagai Negeri Seribu Pura. Namun, Hindu India punya sebutan yang berbeda, yaitu kuil.

Sumber: https://youtu.be/jeonfi4dtla