Ingin Ajukan Pinjol? Perhatikan Sejumlah Hal Penting Ini agar Aman dan Tidak Terjerat Hutang

Ingin Ajukan Pinjol? Perhatikan Sejumlah Hal Penting Ini agar Aman dan Tidak Terjerat Hutang

Ilustrasi. Hal penting yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjol-freepik-

radartegal.disway.id – Sebelum mengajukan pinjol (pinjaman online) ada beberapa hal penting yang harus diketahui. Meskipun dalam keadaan mendesak, tentunya tidak ingin terjerat hal yang merugikan akibat terlalu terburu-buru mengajukan pinjaman.

Terkadang banyak orang yang mengabaikan hal penting ini saat atau sebelum mengajukan pinjol. Memang kebutuhan mendesak membuat orang sering lalai dalam memperhatikan suatu hal, bahkan bisa berujung fatal.

Alih-alih memperhatikan hal penting sebelum mengajukan pinjol ini, sebagian besar orang pasti hanya berfokus pada nilai bunga yang rendah dan bisa segera cair kurang dari sehari. Hal inilah yang membuat orang-orang tidak memperhatikan syarat dan kebijakan dari penyedia jasa tersebut. 

Berikut ini beberapa hal penting sebelum mengajukan pinjol yang penting untuk diketahui. Jangan asal buru-buru dan berujung terjerat dalam hutang yang membengkak atau bahkan sangat fatal.

Hal penting yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjol

1) Cari penyedia pinjol yang sudah terdaftar OJK

Hal paling penting yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman online dengan mencari jasa yang sudah terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Saat ini sudah ada ratusan di Indonesia yang menyediakan jasa pinjol, namun belum semua terdaftar OJK. Hal ini tentu penting bagi si calon pemohon atau pengguna agar tidak mengalami kerugian di kemudian hari.

BACA JUGA:Hati-hati! Ini 7 Ciri-ciri Pinjol yang Harus Diwaspadai, Termasuk Persyaratannya Gak Masuk Akal

Beberapa contoh jasa pinjol yang sudah terdaftar OJK seperti Kredivo, Kredit Pintar, Dompet Kilat, dan masih banyak lagi. Masing-masing dari aplikasi jasa pinjol ini juga memiliki syarat dan kebijakan yang berbeda, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk memeriksa legalitas dari pinjaman online ini bisa melalui website www.ojk.go.id atau kontak WhatsApp OJK di 081157157157. 

2) Ada risiko di tiap pengajuan

Hal penting yang harus diperhatikan berikutnya sebelum mengajukan pinjol adalah risikonya. Pinjol memang menjadi solusi untuk mendapatkan uang dengan cepat, namun juga ada harga yang harus dibayar di kemudian hari.

Mengajukan pinjol tidak hanya memikirkan bunga rendah, tenor panjang, dan uang yang cepat cair, namun juga harus memikirkan risiko setelah pengajuan. Terlebih lagi meminjam dalam nominal yang banyak dan bunga yang tinggi.

Sumber: