Isak Tangis Warnai Penyerahan Siswa Baru SMKN Jateng, Warga Brebes: Kami Kurang Mampu

Isak Tangis Warnai Penyerahan Siswa Baru SMKN Jateng, Warga Brebes: Kami Kurang Mampu

SURAT PERNYATAAN- Orang tua siswa Baru SMKN Jawa Tengah menandatangani surat pernyataan.-Istimewa-

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Serah terima siswa baru dari orang tua kepada SMK Negeri Jawa Tengah Semarang berlangsung, Senin 17 Juli 2023 hari ini. Isak tangis tampak mewarnai prosesi penyerahan tersebut.

Salah satu orang tua, Ruhaniyah yang berasal dari Kabupaten Brebes tampak terharu dengan hal ini. Dia mengaku sangat bersyukur anaknya Diaz Aleksandro beruntung bisa bersekolah di SMKN Jateng di Kota Semarang.

"Sangat membantu bagi kami keluarga yang tergolong kurang mampu. Saya berterimakasih dengan Pak Ganjar, penggagas SMK Negeri Jateng. Mudah-mudahan dari SMK Jateng bisa memunculkan generasi maju, yang bisa memimpin bangsa ini selanjutnya," ucap Ruhaniyah, Senin, 17 Juli 2023.

Menurutnya, bersekolah di SMKN Jateng merupakan cita-cita anaknya. Karena itu, dia berharap anaknya bisa belajar dengan baik sehingga ke depan akan mampu mengangkat derajat orangtua. 

BACA JUGA:Lulusan SMP Jangan Galau! Ganjar Tambah Kuota 7.920 Kursi PPDB SMAN SMKN Jateng 2023

Sementara, wali murid bernama Marwiyah, tampak memeluk cucunya, Novalina. Dia datang dari Kabupaten Banyumas memasrahkan cucunya kepada pihak sekolah, agar bisa belajar dan tinggal di SMKN Jateng kampus Semarang.

"Saya berharap bisa sukses, sehat, nanti kami mendoakan dari rumah. Bismillah. Semoga sehat, cucu jadi anak solih," tutur perempuan 62 tahun.

Dia bahagia karena cucunya bisa diterima di SMKN Jateng. Mengingat di sekolah itu, cucunya bisa bersekolah dengan gratis, sehingga meringankan beban ekonomi keluarga. 

Terlebih, sehari-hari dirinya hanya bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Sedangkan orangtua siswa, sudah meninggal dunia. 

"SMK ini sangat membantu. Kita senang dengan keadaan ini. Mungkin anak bisa betah. Kita kan orang enggak mampu. Kita bisa masuk di sini, syukur Alhamdulillah," ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMKN Jateng kampus Semarang Samiran mengatakan, ada 120 siswa yang akan mengikuti kegiatan belajar di SMKN Jateng. Mereka akan mendapatkan ilmu yang dibutuhkan untuk dunia kerja. 

"Kami beritahukan budaya yang dikembangkan di SMKN Jateng, yang  mengutamakan pembentukan sikap, profesional, kompetensi. Insya Allah, ini akan jadi idola bagi industri yang akan menerima anak-anak kita nanti,"  ucapnya dikutip dari Radar Pekalongan.

Ia menambahkan, siswa akan tinggal di asrama yang masing-masing kamar akan diisi sekitar enam orang. Mereka akan dilatih hidup bersama, fasilitas makan tiga kali sehari, dan snack setiap hari.

BACA JUGA:Bisa Langsung Kuliah di UI, Anak Penjaga Makam Jadi Lulusan Terbaik SMKN Jateng

Sumber: radar pekalongan