Perihal Nikuba yang Bisa Ubah Air Jadi Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Elon Musk Menanggapi dan Bilang Begini

Perihal Nikuba yang Bisa Ubah Air Jadi Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Elon Musk Menanggapi dan Bilang Begini

Elon Musk Beri Tanggapan Perihal Konversi Air Menjadi Bahan Bakar-finance.detik.com-https://finance.detik.com/energi/d-6822205/air-jadi-bahan-bakar-kendaraan-bermotor-elon-musk-ngomong-begini-nih

Tegal, radartegal.disway.id - Elon Musk menggapi terobosan air sebagai pengganti bahan bakar.

Belakangan ini sedang ramai diperbincangkan alat pengkonversi air menjadi bahan bakar, bernama Nikuba. Nikuba sedang ramai diperbincangkan usai kabar dari perusahaan otomotif asal Italia tertarik dengan alat tersebut. Elon Musk sendiri sebetulnya sudah pernah membahas atau berbicara mengenai terobosan dari konversi air menjadi bahan bakar.

Mengutip dari detikfinance.com, dalam program 'Financial Times Future of the Car Summit' yang diselenggarakan pada tahun 2022 lalu, pihak CNBC pernah mengajukan pertanyaan terkait isu tersebut kepada Elon Musk yang merupakan produsen dari mobil listri terkenal yakni Tesla.

Saat itu bos tesla menjawab dengan tegas 'Tidak'. Menurut Elon Musk, ide dari konversi hidrogen menjadi bahan bakar merupakan ide yang konyol. Ia juga menjelaskan kalau bahan bakar hidrogen yang bersumber dari air, tidak dihasilkan secara alami. Diperlukan teknik pengolahan air yang rumit dan sulit untuk mendapatkan bahan bakar ini.

BACA JUGA:Keren! Alat Ini Berhasil Ubah Air Menjadi BBM, Kenalin Mahakarya Warga Cirebon Nikuba

Sumber bahan bakar hidrogen tidak terdapat secara alami di Bumi, sehingga untuk memperolehnya diperlukan proses pemisahan air melalui elektrolisis atau dekomposisi hidrokarbon.

"Saat anda memecahkan hidrokarbon, anda belum benar-benar memecahkan masalah bahan bakar fosil, serta efisiensinya buruk" Ujar Musk yang ditulis CNBC pada 2022 lalu, dikutip pada Senin (17/07/2023).

Musk juga menegaskan kalau energi yang diperlukan untuk memisahkan hidrogen dan oksigen yang terkadung didalam air haruslah besar. Hidrogen-hidrogen ini juga harus di padatkan dalam teakanan yang tinggi agar bisa di taruh kedalam tabung.

"Jadi Anda harus benar-benar menghabiskan energi banyak untuk memisahkan hidrogen dan oksigen yang ada didalam air. Lalu Anda juga harus memberinya tekanan, ini membutuhkan banyak energi," ujar Musk.

"Dan jika Anda harus mencairkan hidrogen, ya Tuhan", tambahnya.

Dengan ini Musk menyimpulkan ntuk mengubah air menjadi hidrogen memerlukan banyak energi, untuk kemudian disimpan agar siap digunakan. Melihat efisiensi dari terobosan ini yang rendah, Musk merasa kalau hidrogen adalah terobosan bahan bakar yang konyol untuk diolah dan dikembangkan.

BACA JUGA:Heboh Chef Bobon Santoso Pakai Baju Oranye, Warganet: Kiri Bandar, Kanan Pemakai

"Jumlah energi yang diperlukan untuk menghasilkan hidrogen dan mengkonversinya menjadi bentuk cairan sungguh luar biasa. Ini adalah suatu konsep yang mengejutkan dan sulit untuk saya bayangkan sebagai metode penyimpanan energi yang paling efisien," Ujar Musk sekali lagi.

Demikian informasi mengenai Musk memberikan tanggapan terkait ide menggunakan air menjadi bahan bakar kendaraan bermotor. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.***

Sumber: https://finance.detik.com/energi/d-6822205/air-jadi-bahan-bakar-kendaraan-bermotor-elon-musk-ngomong-begini-nih