Keren! Alat Ini Berhasil Ubah Air Menjadi BBM, Kenalin Mahakarya Warga Cirebon Nikuba

Keren! Alat Ini Berhasil Ubah Air Menjadi BBM, Kenalin Mahakarya Warga Cirebon Nikuba

Alat Ini Berhasi Mengubah Air Menjadi Bahan Bakar Minyak, Mahakarya Warga Cirebon-detikoto.com-

Tegal, radartegal.disway.id - Nikuba sebuah inovasi alat yang dapat mengubah air menjadi BBM.

Aryanto Misel, warga asal Lemahabang Wetan, Cirebon telah menciptakan sebuah inovasi alat pengubah air menjadi Bahann Bakar Minyak atau BBM. Alat ini diberi nama Nikuba, akronim dari Niku Banyu atau artinya air. Alat ini juga telah menunjukan potensinya di depan brand otomotif asal Eropa.

Mengutip dari keterangan aslinya, TNI Angkatan Darat menyatakan bahwa Nikuba memperoleh perhatian dari salah satu perusahaan otomoti Eropa. Awal mulanya brand tersebut melakukan survei langsung ke Cirebon.

Menindak lanjuti dari kedatangan itu, Nikuba memperoleh kesempatan untuk menunjukan potensinya melalui presentasi yang dilakukan pada sejumlah perusahaan otomotif Italia yang telah dilaksanakan pada tanggal 18 Jubi 2023 kemarin di Milan, Italia. Sedangkan brand dari perusahaan yang mendapat presentasi dari Nikuba tidak disebutkan, tetapi menurut informasi yang beredar ada beberapa brand dari negeri Italia yang menyaksikan kinerja Nikuba seperti, Ferrari, Lamborghini, Aprilia dan Ducati.

BACA JUGA:Cara Memperpanjang Usia Rantai Roda Motor Agar Lebih Awet

3 orang yang berisikan Pangdam III Siliwangi, Mayjen Kunto Arief Wibowo, dan Aryanto sendiri, sudah menyiapkan tim yag berisikan Sumardi Dadang, dan Immanuel Hutapea yang dibentuk untuk menghadiri undangan tersebut. Tim yang yang dibentuk tadi berangkat dari Jakarta ke Milan pad Jumat, 16 Juni 2023.

Sedangkan Mayhen TNI Kunto sendiri, menyebutkan bahwa ditengah kondisi yang ada, sebuah inovasi merupakan langkah berani dalam mengembangkan teknologi yang sejatinya juga harus terus berkembang.

Melihat data percobaan Nikuba pad sepeda motor Babinsa Kodam III Siliwangi, didapatkan sejumlah data untuk terus melakukan penyempurnaan terhadap inovasi dari alat tersebut.

Nikuba memiliki fungsi memisahkan antara H2 (Hidrogen) dan O2 (Oksigen) yang terdapat dalam H2O (Air) melalui proses elektrolisis, pernyataan ini dsebutkan langsung oleh Aryanti Misel.

Hidrogen yang telah didapat, akan dialirkan ke ruang pembakaran kendaraan bermotor yang fungsinya sebagai bahan bakar. Sedangkan untuk Oksigen akan dielektrolisis kembali menjadi Hidrogen yang kemudian dialirkan lagi ke ruang pembakaran kendaraan bermotor.

Namun, Aryanto Misel menyebutkan ada syarat untuk air yang digunakan Nikuba, adalah Air yang dikonversi menjadi Hidrogen untuk bahan bakar kendaraan bermotor dengan Nikuba, haruslah air yang tak memiliki kandungan logam berat.

BACA JUGA:Padukan Performa Unggul dan Desain Menawan, Suzuki Karimun 2023 Tampil Bergaya Modern

Nah itulah dia informasi mengenai Nikuba, sebuah inovasi yang dibuat oleh salah satu warga Cirebin berna Aryanto Misel, yang inovasinya tersebut sudah mendapat perhatian dari perusahaan milik eropa yang kemudian mereka melakukan survei langsung ke cirebon. 

Dapat dilihat sebuah inovasi yang dibuat oleh Aryanto Misel merupakan satu langkah maju dalam perkembangan teknologi ramah lingkungan, yang patut untuk dikembangkan agar anak cucu kita dapat menikmati keindahan dan manfaat alam asli dan bukan buatan.

Sumber: detikoto.com