Pileg Kabupaten Brebes, 88 Persen incumbent Kambali Maju

Pileg Kabupaten Brebes, 88 Persen incumbent Kambali Maju

Gedung DPRD Brebes. (Istimewa)--

BREBES, radartegal.disway.id - Sebanyak 88 persen anggota DPRD Kabupaten BREBES yang berstatus incumbent (sedang menjabat) dipastikan bakal kembali maju di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Sedangkan 12 persen lainnya atau enam anggota DPRD yang masih menjabat tidak lagi mendaftar di Pileg Kabupaten Brebes 2024 mendatang. Ini karena ada yang mendaftar di Pileg Provinsi, Pileg Pusat dan tidak mendaftar lagi.

Informasi di lapangan, ada dua anggota DPRD Kabupaten Brebes yang masih menjabat saat ini yang bakal maju di Pileg Anggota DPR RI mendatang. Yakni, Nasikun dari Partai PDI Perjuangan dan Warsudi dari Partai PKS.

Sedangkan yang mendaftar di anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah ada dua orang. Yakni, Musyafa dari Partai PKB dan Zaki Safrudin dari Partai PAN. Sedangkan dua anggota lainnya yaini Cahrudin dan Ilia Amin dari PDI Perjuangan tidak kembali mendaftar di Pileg Kabupaten Brebes 2024 mendatang.

Ketua Fraksi PDI-Perjuangan DPRD Kabupaten Brebes M. Rizki Ubaidilah mengatakan, memang ada tiga anggota incumbent dari PDI yang tidak kembali majubdi Pileg Brebes. 

"Kalau dari PDI-Perjuangan ada tiga incumbent yang tidak maju lagi di Pileg Brebes 2024 mendatang," ujarnya, Senin 17 Juli 2023.

Uki sapaan akrab M. Rizki Ubaidilah menjelaskan, tiga incumbent yang tidak kembali mendaftar itu karena saru orang mendaftar di DPR RI dan dua orang tidak kembali mendaftar.

"Satu anggota DPRD Brebes dari PDI maju mendaftar di DPR RI, yakni Bapak Cahrudin. Dan dua orang yang tidak maju di Pileg Beebes yakni Bapak Cahrudin dan Bapak Haji Ilia Amin. Mereka tidak kembali maju di Pileg Brebes atas kemauan sendiri," jelasnya.

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Brebes M. Riza Pahlevi menuturkan, dari informasi yang beredar memang ada anggota DPRD Brebes incumbent yang tidak maju di Pileg 2024 mendatang. Namun, pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut.

"Kalau sebatas informasi di luaran memang ada beberapa anggota DPRD Brebes yang ststusnya incumbent tidak maju lagi. Alasanya, ada yang maju di DPRD provinsi, DPR RI dan tidak lagi daftar," pungkasnya,***

Sumber: