Miris Beberepa Daerah di Jawa Tengah Masuk Kedalam 10 Kabupaten Termiskin, Kabupaten Tegal Apa Kabar

Miris Beberepa Daerah di Jawa Tengah Masuk Kedalam 10 Kabupaten Termiskin, Kabupaten Tegal Apa Kabar

10 Kabupaten Termiskin di Provinsi Jawa Tengah-https://youtu.be/foplhZzxhpI-

Tegal, radartegal.disway.id -  Jawa tengah merupakan provinsi yang berletak di tengah Pulau Jawa, diampit dua provinsi yakni provinsi Jawa Barat dan JawaTimur. Jawa Tengah memiliki setidaknya 29 Kabupaten dan 6 Kotamadya yang dengan luas wilayah mencapai 32.800,69 km2.

Namun dari 29 Kabupaten dan 6 Kotamadya, ada Kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang memiliki pendapatan perkapita tiap penduduk yang rendah. 

Pendapatan perkapita daerah merupakan indikator atau tolak ukur tingkat kesejahteraan masyarakat suatu daerah atau wilayah. Intinya pendapatan perkapita adalah total penghasilan suatu daerah dibagi jumlah penduduk daerah sehingga nampak pendapatan rata-rata penduduk daerah tersebut.

Jika semakin tinggi nilai pendapatan perkapita suatu daerah, maka dapat dipastikan tingakat kesejahteraan dan kemakmuran daerah tersebut tinggi.

BACA JUGA:Jadi Bekasi-nya Tegal, Berikut 4 Kecamatan Dengan Suhu Paling Panas di Kabupaten Tegal

Nah menurut data dari Badan Pusat Statistik provinsi Jawa Tengah setidaknya ada 10 Kabupaten Kota termiskin berdasarkan PDRB perkapita tahun 2021.

Kabupaten Kota Termiskin di Jawa Tengah

Data ini kami rangkum dari berbagai sumber, salah satunya chanel YouTube Awan TV. Perlu di ingat data dibawah bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Kabupaten Purwurejo

Pada urutan pertama Purworejo mengawali daftar. Dengan jumlah penduduk sebanyak 773.588 jiwa, Purworejo memiliki PDRB perkapita pertahun sebanyak Rp 17.560.000 rupiah. Menjadikan Kabupaten Purworejo menduduki posisi kesepuluh Kabupaten Kota termiskin di Jawa Tengah.

Kabupaten Pekalongan

Pada urutan kedua Kabupaten Pekalongan ikut hadir dalam daftar Kabupaten termiskinKabupaten ini memiliki luas wilayah 45,25 km2 dan jumlah penduduk sebanyak 976.504  jiwa PDRB perkapita pertahun dari Kabupaten Pekalongan sejumlah Rp 17.010.000 rupiah, membuat Kabupaten ini menempati urutan ke sembilan dalam daftar ini.

Kabupaten Brebes

Menjadi salah satu Kabupaten penyumbang bawang terbesar di Indonesia. Rupanya Kabupaten Brebes hanya memiliki PDRB perkapita pertahun sebanyak Rp 16.790.00 dengan jumlah penduduknya yang mencapai 1.992.685 jiwa.

Sumber: https://youtu.be/foplhzzxhpi