Tetapkan Idul Adha Rabu 28 Juni 2023, Muhammadiyah Siapkan 10 Lokasi Salat Ied

Tetapkan Idul Adha Rabu 28 Juni 2023, Muhammadiyah Siapkan 10 Lokasi Salat Ied

-Tangkapan Layar-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Berdasarkan Maklumat Nomor 1/MLM/1.0/E/2023, Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023. Hal itu, mendasari hasil hisab hakiki wujudul hilal yang menjadi pedoman Majelis Tarjih dan Tarjdid PP.

Hal ini berbeda dengan penetapan pemerintah yang berdasarkan hasil sidang isbat pada 18 Juni 2023 lalu menetapkan awal Dzulhijjah jatuh pada 20 Juni 2023. Sehingga, Hari Raya Idul Adha jatuh pada 29 Juni 2023 yang bertepatan dengan 10 Dzulhijjah 1444 Hijriyah.

Terkait hal ini, Pengurus Pusat telah mengintruksikan kepada wilayah dan daerah untuk menggelar Salat Idul Adha (Ied) pada hari tersebut. Di Kota Tegal, PD Muhammadiyah setempat telah menyiapkan sejumlah tempat yang akan mereka jadikan tempat salat Ied. 

Selain lokasi, penyelenggara juga telah menentukan imam sekaligus khotib untuk masing-masing lokasi.

Dari sejumlah lokasi itu, salah satu tempat akan menghadirkan pengurus pusat Muhammadiyah yakni Dr Imam Addaruqutni. Dia akan menjadi imam dan khotib dalam Salat Idul Adha yang berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal.

Pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, pemerintah juga telah menambah cuti bersama. Sehingga menjadi 3 hari, yakni 28, 29 dan 30 Juni 2023 mendatang.

BACA JUGA:Resmi Jadi 3 Hari, Libur Idul Adha Tahun Ini Mulai 28 Juni Sampai 30 Juni

Adapun Jadwal Khotib dan Lokasi Sholat Idul Adha PD Muhammadiyah Kota Tegal pada Rabu 28 Juni 2023 di antaranya di Lapangan Yos Sudarso Jl. Melati Kel. Kejambon Kec. Tegal Timur Kota Tegal dengan Imam dan Khatib KH. Harun Abdi Manaf yang merupakan ketua Basnas Kota Tegal.

Selanjutnya di Halaman Parkir RSUD Muhammadiyah Kota Tegal Jl. Sultan Agung Kel. Kejambon Kec. Tegal Timur Kota Tegal menghadirkan Imam dan Khatib : Syamsul Huda, S.Ag. Lapangan Sumurpanggang Jl. Ki Hajar Dewantara Kel. Sumurpanggang Kec. Margadana Kota Tegal. Untuk Imam dan Khatib : Alif Syarifudin, M.Hum.

Lokasi lainnya, Halaman Parkir Yogya Mall di Jl. AR Hakim Kel. Randugunting Kec. Tegal Selatan Kota Tegal dengan Imam dan Khatib : Hendi Sudono.Halaman GOR Tegal Selatan di Jl. Teuku Cik Ditiro Kel. Bandung Kec. Tegal Selatan Kota Tegal dengan Imam dan Khatib : Agung Prihatin, LC.

Halaman Kantor Tegal Barat di Jl. Sawo Barat Kel. Kraton Kec. Tegal Barat Kota Tegal, Imam dan Khatib : Imam Addarutqoutni, MA (Pengurus Pusat Muhammadiyah). Lalu Salat Idul Adha di Halaman SMK Muhammadiyah 1 di Jl. Perintis Kemerdekaan Kel. Slerok Kec. Tegal Timur Kota Tegal, Imam dan Khatib : Ir. H. Rosyid Ridho.

BACA JUGA:Idul Adha 2023, Harga Kambing di Kabupaten Tegal Mulai Rp2 Juta sampai Rp6 Jutaan

Halaman Masjid Nun di Jl. KH. Zaenal Arifin Kel. Panggung Kec. Tegal Timur Kota Tegal, Imam dan Khatib: Hanif Firdaus. Halaman Masjid Baiturrohman Jl. Sultan Agung Kel. Kejambon Kec. Tegal Timur Kota Tegal dengan Imam dan Khatib: Imam Bukhori

Lalu di Lapangan PGSD Unnes Tegal Jl. Pendidikan Kel. Kemandungan Kec. Tegal Barat Kota Tegal.

Sumber: