Idul Adha 2023, Harga Kambing di Kabupaten Tegal Mulai Rp2 Juta sampai Rp6 Jutaan

Idul Adha 2023, Harga Kambing di Kabupaten Tegal Mulai Rp2 Juta sampai Rp6 Jutaan

HEWAN KURBAN - Seorang warga sedang melihat kondisi hewan kurban di Kambing Center Jalan Rajawali Desa Slawi Kulon, Senin, 19 Juni 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Jelang Hari Raya Idul Adha 2023, penjual hewan kurban mulai bermunculan. Tidak terkecuali di wilayah Slawi, Kabupaten Tegal.

Mereka sudah menyiapkan stoknya jauh hari sebelum Hari Raya tiba. Untuk harganya, bervariatif. Ada yang murah dan ada pula yang mahal.

Salah satu penjual hewan kurban, Abdul Basir, 43, menuturkan, harga kambing termurah yang dijualnya yakni Rp2 juta. Sedangkan yang mahal mencapai Rp6 jutaan.

"Kami memang menyediakan kambing yang murah dan mahal, supaya pembeli bisa memilih," kata Abdul Basir, ditemui di Kambing Center Jalan Rajawali Desa Slawi Kulon, Senin, 19 Juni 2023.

Dia mengaku, berternak kambing itu ada kepuasan tersendiri. Bisa membantu orang yang hendak beribadah.

Biasanya, setiap Idul Adha, dia bisa menjual hingga 200 ekor. Saat ini, Basir mengaku sudah menyiapkan stok lebih dari 200 ekor.

"Stok saya mayoritas jenis domba Merino Dieng, karena ciri khas dagingnya lebih bagus dan sedikit lemak,” ujar Basir.

BACA JUGA:Resmi Jadi 3 Hari, Libur Idul Adha Tahun Ini Mulai 28 Juni Sampai 30 Juni

Untuk mencegah polusi udara kandang kambingnya, Basir mengaku, pakan yang digunakan dengan sistem olahan. Sehingga dapat meminimalisir bau lebih dari 80 persen.

Pakan ternak olahannya terbuat dari biji-bijian, jagung, singkong, bekatul serta rumput yang dikeringkan dan difermentasikan.

Dia menggunakan metode itu sejak tahun 2009, diawali dengan jumlah ternak 30 ekor kambing. Sebelumnya pada tahun 2004 hingga 2008 Basir masih menggunakan metode konvensional yang cenderung bau dan kotor.

“Sejak tahun 2009 saya sudah menerapkan metode pakan ternak olahan karena daerah di sekitar sudah mulai padat penduduk. Kalau dulu masih kosong,” tutupnya. ***

Sumber: