Resmi Jadi 3 Hari, Libur Idul Adha Tahun Ini Mulai 28 Juni Sampai 30 Juni

Resmi Jadi 3 Hari, Libur Idul Adha Tahun Ini Mulai 28 Juni Sampai 30 Juni

Kalender Juni 2023-Khikmah Wati-

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sempat diusulkan tiga hari, pemerintah akhirnya menetapkan libur Idul Adha 2023 menjadi tiga hari. Tahun ini, libur nasional untuk merayakan hari raya kurban mulai dari Rabu, 28 Juni 2023 sampai Jumat, 30 Juni 2023. 

Secara resmi tiga hari ditetapkan sebagai cuti bersama Hari Raya Idul Adha. Hal ini sesuai Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin sempat menanggapi usulan tambahan libur Idul Adha 2023 mengingat penetapan hari raya yang kembali berbeda. Diketahui pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1444 H jatuh pada Kamis 29 Juni 2023.

Ketetapan pemerintah ini berbeda dengan Maklumat Muhammadiyah yang menetapkan Idul Adha 1444 H jatuh sehari lebih cepat atau pada Rabu, 28 Juni 2023.

"Soal Lebaran itu memang sudah lama kita ada perbedaan, perbedaan dalam kriteria menetapkan awal Ramadan, awal Syawal, dan awal Zulhijjah, ini karena ini momen-momen yang biasanya ada perbedaan. Sudah lama diupayakan untuk membuat suatu kriteria tapi belum bisa," kata Ma'ruf Amin.

Perbedaan terjadi, kalau tinggi hilal kurang dari 2 derajat.

"Itu pasti beda, itu pasti beda karena beda kriteria. Tapi kalau di atas 2 derajat, itu pasti sama," ujarnya.

BACA JUGA:Libur Idul Adha 2023 Bakal Berlangsung 2 Hari? Pemerintah Beri Lampu Hijau

Karenanya, wapres mengajak masyarakat agar menyikapi perbedaan tersebut dengan toleransi dan saling memahami. Sementara terkait usulan agar menambah libur nasional Idul Adha 1444 H, ia memastikan pemerintah memberikan toleransi bagi warga Muhammadiyah yang menetapkan Idul Adha pada 28 Juni 2023.

"Ya saya kira pemerintah mentoleransi untuk lebarannya itu, saya kira itu sudah, sudah ada kan hari-harinya itu sudah dimasukkan, liburnya sudah ada dengan menghitung Lebaran kemungkinan dua itu," kata dia.

Dari SKB terbaru, Hari Libur Nasional untuk memperingati Hari Raya Idul Adha jatuh pada Kamis 29 Juni 2023. Sedangkan pada Rabu 28 Juni 2023 dan Jumat 30 Juni 2023 ditetapkan cuti bersama Hari Raya Idul Adha.

BACA JUGA:Jelang Hari Raya Idul Adha, Para Moms Bisa Cobain Resep Rendang Daging Sapi Spesial Idul Adha

Keputusan libur Idul Adha selama tiga hari tersebut dalam rangka meningkatkan mobilitas masyarakat, pertumbuhan ekonomi dan pariwisata serta memberikan kesempatan kebersamaan anak dengan orangtua pada saat liburan sekolah pada Hari Raya Idul Adha Tahun 2023.

Dengan alasan tersebut maka diputuskan mengubah ketetapan cuti bersama tahun 2023. Keputusan ini ditetapkan di Jakarta pada 16 Juni 2023 oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qomas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas. ***

Sumber: