Peduli Stunting, IBI Brebes Beri Makanan Tambahan untuk Ibu Hamil Menyusui dan Balita

Peduli Stunting, IBI Brebes Beri Makanan Tambahan untuk Ibu Hamil Menyusui dan Balita

Kadinkes dan Ketua IBI Cabang Brebes menyerahkan bantuan PMT kepada bumil dan balita di Posyandu Bougenvil.-Syamsul Falaq-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Puluhan ibu hamil, ibu menyusui dan balita di Brebes mendapatkan bantuan Program Makanan Tambahan (PMT), Sabtu 24 Juni 2023. 

Hal itu, terungkap saat Pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Brebes menggelar bakti sosial. 

Bertempat di Pos Pelayanan Terpadu Bougenvil Kelurahan Limbangan Wetan, pembagian PMT menjadi rangkaian HUT IBI ke-72

Fokusnya, berpartisipasi aktif dalam menurunkan angka stunting secara berkelanjutan.

Ketua IBI Cabang Brebes Uji Rahayu menjelaskan, pihaknya sangat mengapresiasi Kepala Dinas Kesehatan, Kepala DP3KB, TP PKK, pengurus IDI hingga seluruh jajaran pengurus 18 ranting IBI. 

BACA JUGA:210 Bidan di Brebes Jalani Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan

Dengan tema satukan langkah dalam transformasi kesehatan, untuk penguatan pelayanan kebidanan melalui asuhan kebidanan berkesinambungan dan berbasis bukti. 

Harapannya, menjadi spirit dan terus memotivasi bidan dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik.

"Memperingati HUT IBI ke-72, IBI Cabang Brebes menggelar serangkaian kegiatan. Sejak Mei, pelayanan KB MKJP gratis di 18 ranting. Termasuk, bakti sosial pembagian Program Makanan Tambahan bagi bumil dan balita," ungkapnya kepada Radar Tegal.

Baksos pemberian PMT, lanjut Rahayu, dibagikan pada bumil dan balita di wilayah binaan Posyandu Bougenvil Kelurahan Limbangan Wetan. 

Tujuannya, mencegah sekaligus menurunkan kasus stunting dan potensi stunting pada ibu hamil

BACA JUGA:Perbaikan Jembatan Pakijangan-Bulakamba Brebes Segera Dimulai, Satlantas Bersiap Lakukan Ini

Sebab, angka prevalensi stunting di Brebes masih menempati peringkat 1 se-Jateng mencapai 29,01 persen. Sehingga, butuh kolaborasi dan sinergitas lintas sektoral untuk mengatasinya.

"Rangkaian HUT IBI ke-72, meliputi KB MKJP implan dan IUD di 18 ranting secara gratis. Kemudian, anjangsana dan ziarah ke sesepuh IBI termasuk tabur bunga. Kemudian, bakti sosial ke lima panti asuhan, dan pembagian PMT. Rencananya, donor darah pada 8 Juli di Gedung IBI Brebes ditutup seminar pada 12 Agustus mendatang," ujarnya.

Sumber: