Sertijab Dandim Tegal, Letkol Charlie Tak Kuasa Menahan Tangis saat Pamitan

Sertijab Dandim Tegal, Letkol Charlie Tak Kuasa Menahan Tangis saat Pamitan

MENANGIS - Letkol Inf Charlie CL Sondakh didampingi Dandim 0712 Tegal (baru) Letkol Inf Suratman mengusap air matanya dengan tisu di Makodim Tegal, Jumat pagi, 23 Juni 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

DUKUHTURI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Kodim (Dandim) 0712 Tegal diwarnai isak tangis. Letkol Inf Charlie CL Sondakh SE MM MIP tak kuasa menahan air matanya saat pamitan dengan prajurit serta jajaran Perwira Staf Kodim 0712/Tegal di Markas Kodim (Makodim) setempat, Jumat pagi, 23 Juni 2023.

Lepas sambut dari Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Charlie CL Sondakh kepada Dandim 0712/Tegal (baru) Letkol Inf Suratman SIP dilakukan dengan tradisi Pedang Pora.

Tradisi itu diawali dengan penyambutan Dandim baru mulai dari pengalungan bunga, penghormatan dari Regu Jaga Makodim Tegal, dan Pedang Pora menuju ruang transit.  Usai menyampaikan sambutan pejabat lama dan pejabat baru, sertijab dilanjutkan dengan pelepasan Letkol Charlie yang diawali dengan mencium bendera Merah Putih.

Tradisi Pedang Pora juga dilakukan oleh para perwira saat mengantarkan Dandim lama yang telah bertugas selama sekitar 1,9 tahun di Kodim 0712/Tegal.

BACA JUGA:Waspada! Kelompok Radikal Masih Bergentayangan, Dandim Tegal: Jika Menemuinya Segera Lapor

Usai penghormatan dari Regu Jaga Makodim, isak tangis Letkol Charlie kembali pecah. Setiap regu jaga disalami dan dirangkul yang membuat para prajurit ikut terhanyut dalam kesedihan. 

Prosesi pamitan dengan menyalami hampir semua para prajurit Kodim, tak luput dari saling peluk dan tangisan. Prajurit yang mendapati mantan komandannya menangis, juga tak kuasa menahan air mata.

Hingga di ujung pintu keluar Makodim, Letkol Charlie berpelukan dengan Letkol Inf Suratman. Saat hendak diwawancara, Letkol Charlie terlihat tak kuasa mengucapkan satu kata pun.

Dia hanya tersenyum dengan terus mengusapkan tisu di kedua matanya dan bergegas masuk ke dalam mobil untuk melanjutkan tugasnya sebagai Wakil Asisten Personel (Waaspres) Kasdam IV/ Diponegoro. 

Sementara, Letkol Suratman mengaku akan meneruskan program yang telah berjalan sesuai dengan perintah Kasad TNI. Program yang baru sesuai perintah harian Kasad TNI, yakni TNI hadir untuk memberikan solusi dalam mengatasi masyarakat di sekitarnya. 

Diharapkan, Babinsa atau insan teritorial yang berada di wilayah Kodim 0712/ Tegal atau wilayah Kabupaten Tegal dan Kota Tegal, bisa menjadi motivator yang kekinian. 

“Harapan saya, bisa menggandeng semua elemen masyarakat, baik TNI, Polri, ulama, tokoh masyarakat dalam agenda Pemilu 2024 dari mulai tingkat desa hingga Pilpres,” kata Suratman yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Sekolah Calon Tamtama (Secata) Rindam IV/Diponegoro ini.

BACA JUGA:Jenderal Dudung Minta Dandim Harus Berani Bicara di Media dan Hindari Kesan Sombong

Dia mengimbau, pada Pemilu 2024 mendatang, jajarannya untuk netral dan tidak terlibat atau menggunakan atribut-atribut partai. Pihaknya tidak segan-segan akan memberikan saksi tegas. 

Sumber: