Viral Tabungan Rp5 Miliar Milik Siswa SD di Pangandaran Raib, Ternyata Faktanya Begini

Viral Tabungan Rp5 Miliar Milik Siswa SD di Pangandaran Raib, Ternyata Faktanya Begini

Ilustrasi--

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Raibnya tabungan Rp5 miliar milik siswa SD di Pangandaran tengah viral saat ini. Rupanya, hal itu tidak terjadi begitu saja.

Dari penelusuran diketahui jika uang tabungan tersebut disimpan di koperasi dan digunakan oleh oknum guru. Namun, karena kredit macet akhirnya tabungan siswa tidak bisa kembali.

Awalnya, uang tabungan tersebut disimpan di koperasi sekolah. Sejumlah guru kemudian meminjam uang dari koperasi tersebut.

Namun, pengembalian macet sehingga koperasi tak mampu mengembalikan uang tabungan itu ke para siswa. Sedangkan sebagian uang dipinjam oleh guru yang kini sudah pensiun.

"Khusus di guru, tabungan siswa yang mandek itu ada di guru yang sudah pensiun. Sementara di guru yang masih aktif relatif kecil," ungkap Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata.

BACA JUGA:Uang Nasabah BSI Rp378 Juta Raib, Curhatannya di Twitter Viral!

Jeje menyebut, tabungan siswa yang raib itu terjadi di sejumlah sekolah di Kecamatan Cijulang dan Parigi.

“Di Kecamatan Cijulang ada yang di guru dan koperasi. Sementara di Kecamatan Parigi kebanyakan ada di koperasi,” kata Jeje, dikutip dari radartasik.id, Selasa 20 Juni 2023.

Jeje menyebut, dua koperasi di Cijulang dan Parigi menyatakan siap menjual aset mereka untuk menutupi tabungan siswa yang macet itu.

"Awal permasalahanya memang muncul saat perubahan sistem penggajian menjadi digital, lalu saat Covid-19," ujarnya.

Jeje berjanji Dinas Pendidikan akan membentuk tim khusus untuk menyelesaikan masalah tabungan siswa yang mandek atau tak bisa diambil.

“Saya tadi kumpulkan kepala sekolah, komite dan pihak terkait. Saya lebih mendengarkan apa yang sesungguhnya terjadi, dan semuanya harus diselesaikan. Maka saya bentuk tim,” katanya. ***

Sumber: