Meski Indonesia Kalah Lawan Argentina, Erick Thohir Senang FIFA Matchday Hasilkan Cuan

Meski Indonesia Kalah Lawan Argentina, Erick Thohir Senang FIFA Matchday Hasilkan Cuan

--

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Kekalahan Timnas Indonesia atas Timnas Argentina nampaknya tidak terlalu menyedihkan. Bahkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku senang bisa menggelar pertandingan Timnas Indonesia melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno semalam, Senin, 19 Juni 2023. 

Timnas Indonesia sendiri menjadi negara ke-82 yang dihadapi Argentina pada partai resmi. Tanah Air tercatat sebagai wakil Asia Tenggara kedua yang diladeni Tim Tango menyusul Singapura.

Argentina menang 6-0 saat meladeni Singapura pada uji coba tahun 2017. Bermain di National Stadium pada 13 Juni, Federico Fazio, Joaquin Correa, Papu Gomez, Leandro Paredes, Lucas Alario, dan Angel Di Maria mencatatkan nama di papan skor bagi La Albiceleste.

Dari sekian banyak lawan yang dihadapi, Timnas Argentina memiliki catatan positif pada 84 persen di antaranya. Termasuk di antaranya Jerman (menang 10, imbang 6, kalah 7) dan Prancis (6-4-3).

Ada enam negara yang punya rekor seimbang kontra Argentina. Belarusia (0-1-0), Islandia (0-1-0), dan Lithuania (0-1-0) bisa bangga akan capaian ini karena baru sekali bertemu. Sementara tiga negara lain adalah Denmark (1-1-1), Spanyol (6-2-6), dan Swedia (1-1-1).

Sementara tujuh negara yang mampu mengungguli Argentina adalah Brasil (40-26-43), Kamerun (0-1-1), China (0-0-1), Inggris (4-4-6), Italia (5-5-6), Belanda (1-5-4), dan Norwegia (0-0-2).

BACA JUGA:Hasil FIFA Matchday Indonesia, Argentina Menang Telak dengan Skor 2-0!

Meski kalah, di Indonesia, pertandingan tersebut tetap menguntungkan. Pasalnya, laga tersebut dapat mendorong UMKM Indonesia masuk dalam industri ekonomi sepakbola Indonesia.

Menteri BUMN itu berharap bahwa laga itu bukan hanya sekadar pertandingan tetapi juga menghidupkan ekonomi masyarakat. Salah satunya melalui penjualan merchandise Laga Timnas Indonesia Vs Argentina

Ekonomi industri sepakbola Indonesia, kata Erick, diprediksi bisa mencapai Rp7 triliun.

“Produk ini (merchandise) kan buatan Indonesia, kita mendorong UMKM Indonesia untuk menjadi ekosistem industri sepakbola. Karena kalau kita lihat data-data ekonomi sepakbola Indonesia itu bisa mencapai Rp7 triliun,” ujar Erick.

“Memang risetnya belum keluar, sabar. Mungkin beberapa bulan lagi bisa keluar risetnya,” lanjut dia.

Menteri BUMN itu berharap bahwa laga itu bukan hanya sekadar pertandingan tapi juga menghidupkan ekonomi masyarakat seperti warung dan UMKM jualan dibidang lain. Dia juga menilai ekosistem industri sepakbola sangat kuat.

Sebagai informasi, Lionel Messi tidak ikut dalam pertandingan. Namun Tim Tango masih diperkuat para pilarnya di Piala Dunia 2022 seperti Rodrigo de Paul (Atletico Madrid), Alexis Mac Allister (Liverpool).

Sumber: