BPBD Kabupaten Tegal Gembleng Kemampuan SAR 22 Personel

BPBD Kabupaten Tegal Gembleng Kemampuan SAR 22 Personel

Asisten I menyematkan tanda pengenal pelatihan pencarian dan pertolongan.-Hermas Purwadi-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal gembleng 22 personel tentang pencarian dan pertolongan atau SAR.

Kali ini pelatihan SAR digulirkan selama 6 hari dibawah bimbingan langsung instruktur Basarnas Semarang.

Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaanm Widi Harsono menyatakan, selama pelaksanaan dipusatkan di lingkungan kantor BPBD dan untuk praktik di kawasan Waduk Cacaban. 

"Untuk desain penyelenggaraan kegiatan dipersiapkan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Semarang dengan metode teori dan praktik," ujarnya Senin 19 Juni 2023.

Dia menyatakan untuk peserta pelatihan pencarian dan pertolongan (SAR) kali ini diikuti oleh 22 peserta berasal dari unsur ASN BPBD dan Satuan Tugas (Satgas).

Serta Relawan Penanggulangan Bencana yang merupakan bagian dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Bencana Kabupaten Tegal. 

"Out put yang diharapkan dari pelatihan ini adalah tersedianya tenaga rescuer yang mampu melaksanakan pertolongan dan penyelamatan korban yang mengalami musibah atau kecelakaan di tempat ketinggian, serta bencana perkotaan dengan cepat, tepat, dan aman," cetusnya.

Sementara itu Asisten I, Dadang Darusman yang membuka kegiatan tersebut berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan panduan penyelamatan pertolongan pertama di lingkngan High Angel Rescue Techniques, serta USAR dengan mengutamakan aspek keselamatan baik penolong maupun korban. 

"Dari sini nantinya akan ada peningkatan kemampuan personal maupun tim dan jaminan keselamatan kerja bagi tim TRC BPBD," ungkapnya.  

Menurutnya beban tugas dan tanggung jawab pelayanan pencarian dan pertolongan atau SAR dalam penanganan bencana di perlukan kompetensi yang cukup bagi institusi-institusi terkait penanggulangan bencana. *

Sumber: