Kereen! Linmas Kudaile Digembleng Soal Penanggulangan Bencana oleh BPBD Kabupaten Tegal

Kereen! Linmas Kudaile Digembleng Soal Penanggulangan Bencana oleh BPBD Kabupaten Tegal

Linmas Kelurahan Kudaile Kabupaten Tegal ikuti pelatihan penanggulangan bencana.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Upaya penguatan kapasitas anggota Linmas Kelurahan Kudaile dilakukan relawan penanggulanan bencana BPBD Kabupaten Tegal. Penguatan kali ini difokuskan pada materi mitigasi bencana, pertolongan pertama, dan evakuasi korban.

Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah memberi apresiasi pihak pemerintah kelurahan maupun desa yang terus berupaya memberi penguatan kapasitas, baik untuk anggota Linmas maupun organisasi masyarakat yang ada di desa. 

"Setidaknya dari kegiatan ini dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia dari Satuan Linmas menyangkut salah satu tugas pokok dan fungsi linmas saat penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," ujarnya Jumat 17 November 2023.

Menurutnya Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa. 

BACA JUGA:Bumijawa Dilanda Bencana Angin Kencang, BPBD Gercep Lakukan Assesment Korban

"Indikator suksesnya pelatihan linmas adalah meningkatnya kualitas SDM Linmas, menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas. Meningkatnya ketahanan dalam masyarakat, meningkatnya kesiap-siagaan satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum. Dan meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat," cetusnya.

Terpisah Satgas Relawan Penanggulangan Bencana BPBD, Wiwit Rian menyatakan bahwa kunci ketangguhan bencana adalah mampu mengenali potensi. 

Lalu menganalisa penyebabnya, mengantisipasi dan meminimalisir resiko, menyelamatkan diri dan keluarga, serta mampu bangkit dengan cepat untuk pulih seperti sediakala. 

"Kesiapsiagaan dan mitigasi bencana adalah upaya membangun masyarakat untuk mampu melaksanakan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana secara mandiri. Kemampuan tersebut diharapkan akan mengurangi dampak dan resiko bencana," ungkapnya.

BACA JUGA:Pulang Studi Tiru Satuan Pedidikan Aman Bencana, BPBD Kabupaten Tegal Langsung Lakukan Sosialisasi

Menurutnya selain kapasitas skill dalam kebencanaan, tidak kalah penting juga kapasitas kesiapsiagaan  dalam penanggulangan bencana yang  perlu selalu dipupuk dalam kegiatan pelatihan. (adv)

Sumber: