Kinerja Realisasi Pendapatan Kota Tegal 2022 Rendah, Fraksi PAN: Harus Evaluasi Penyebabnya

Kinerja Realisasi Pendapatan Kota Tegal 2022 Rendah, Fraksi PAN: Harus Evaluasi Penyebabnya

Rapat Paripurna DPRD Kota Tegal-TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Kinerja realisasi pendapatan Kota Tegal 2022 rendah. Hal ini seperti pandangan Juru Bicara Fraksi PAN Nurfitriani.  

Dengan kondisi itu, artinya pemerintah tidak dapat mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya.

“Dalam hal ini pemerintah harus melakukan evaluasi penyebab tidak mencapai target, mendata jenis penerimaan apa saja yang tidak mencapai target,”katanya.

Selain itu, ujar Fitriani, pemerintah seyogyanya melakukan langkah-langkah yang inovatif. Sehingga penerimaan keuangan mendapatkan hasil maksimal.

Meski demikian, sejumlah fraksi di DPRD Kota Tegal menyetujui pembahasan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) APBD 2022. Persetujuan itu, mereka sampaikan melalui pemandangan umum yang dibacakan juru bicara masing-masing dalam rapat Paripurna, Kamis 15 Juni 2023 siang.

Juru Bicara Fraksi PDI Perjuangan Sutari mengatakan, fraksinya sangat berharap pada pembahasan raperda ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga, dapat mendorong perbaikan kinerja OPD baik yang bersifat teknis maupun administratif serta akuntabilitas laporan keuangan yang semakin baik.

“Kami berharap pembahasannya nanti bisa berjalan dengan baik dan lancar,”katanya.

BACA JUGA:Fraksi DPRD Kota Tegal Setuju Raperda Penyelenggaraan Bantuan Hukum Dibahas Lebih Lanjut

Menurut Sutari, fraksinya juga berharap agar dalam pembahasannya nanti pemerintah kota dapat melengkapi laporan hasil tindak lanjut atas catatan maupun temuan dalam LPP APBD sebelumnya. Setidaknya, ada 14 catatan BPK yang harus pemkot tindak lanjuti mulai dari 2018 sampai 2022 kemarin.

“Dengan begitu, DPRD mengetahui mana saja yang sudah selesai tindak lanjutnya dan yang masih menjadi hutang tindak lanjut hasil temuan,”jelasnya.

Ketua DPRD Kusnendro langsung memimpin jalannya rapat paripurna. Tampak hadir dalam kegiatan Wakil Ketua DPRD Habib Ali Zaenal Abidin dan Wasmad Edi Susilo, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Forkopimda, anggota DPRD dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam rapat tersebut, masing-masing juru bicara fraksi membacakan pemandangan umum terkait pengantar Wali Kota Tegal atas Raperda LPP APBD 2023 yang dia sampaikan pada paripurna sebelumnya.

Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro saat menutup rapat paripurna mengatakan setelah mendengarkan pemandangan umum fraksi, maka pihaknya meminta agar Wali Kota Tegal segera menyusun jawaban. Itu, nantinya akan wali kota bacakan pada rapat paripurna berikutnya.

“Setelah mendengarkan pemandangan umum fraksi, maka selanjutnya kami mohon agar Wali Kota Tegal segera menyusun jawaban. Itu, nantinya akan wali kota sampaikan pada rapat paripurna yang akan berlangsung pada Senin, 19 Juni 2023 mendatang,”pungkasnya. ***

Sumber: