Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Brebes Bocorkan 7 Hal Penting soal Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Brebes Bocorkan 7 Hal Penting soal Hewan Kurban

PERIKSA- Petugas saat memeriksa kesehatan hewan kurban.-Istimewa-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Brebes memberikan 7 panduan terkait pemilihan dan pemotongan hewan kurban.

Dinas menyarankan masyarakat untuk membeli hewan kurban yang sehat. Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat DPKH Brebes Budi Santoso mengatakan, saat ini sudah masyarakat sudah banyak yang mulai membeli hewan kurban. 

Karenanya, dia berharap masyarakat untuk dapat memilih hewan kurban yang kondisinya sehat.

“Saran ini terkait bagaimana memilih hewan kurban yang sehat serta terhindar dari penyakit hewan,” ungkapnya, Rabu 7 Juni 2023.

Budi menyebutkan, dalam hal ini pihaknya memberikan 7 panduan dalam memilih dan memotong hewan kurban. Di antaranya, yang pertama yaitu hewan kurban yang bisa dibeli untuk berkurban yaitu sapi, kerbau, kambing, atau domba yang sehat.

BACA JUGA:Rentan Terserang Penyakit, 34 Hewan Kurban di Kota Tegal Diperiksa Petugas

Kedua, mencari hewan kurban yaitu umurnya harus sesuai syari’at. Yaitu, sapi atau kerbau di atas dua tahun dan kambing atau domba di atas satu tahun.

Ketiga, perhatikan kesehatan hewan dalam hal ini hewan ternak (kurban) tidak kurus. Kemudian tidak cacat, tidak buta dan tidak pincang.

Keempat, memeriksakan hewan yang akan disembelih oleh dokter hewan atau petugas yang ditunjang oleh dokter hewan yang berwenang. Selanjutnya, pemotongan hewan kurban disarankan di Rumah Pemotongam Hewan.

Selain itu, penyembelihan disarankan oleh juru sembelih halal yang kompeten. Dan terakhir atau ketujuh, memeriksakan hasil penyembelihan oleh dokter hewan atau petugas yang ditunjuk oleh dokter hewan yang berwenang.

“Itu tadi 7 panduan pemilihan dan pemotongan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha nanti. Semoga, dengan mengikuti panduan itu daging hewan kurban dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas,” pungkasnya.***

Sumber: