Atifa Fismawati, Peraih Medali Emas SEA Games 2023 Pulang ke Tegal Disambut Tradisi Tawur

Atifa Fismawati, Peraih Medali Emas SEA Games 2023 Pulang ke Tegal Disambut Tradisi Tawur

MEDALI EMAS - Atifa Fismawati (tengah), atlet asal Kota Tegal menunjukkan medali emas yang berhasil diraihnya dalam SEA Games 2023 di Kamboja.-TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Atifa Fismawati, peraih medali emas SEA Games 2023 pulang ke Tegal disambut tawur uang. Atlet Pencak Silat, ini pulang ke kampung halamannya di Kota Tegal, Jumat 2 Juni 2023 siang. 

Sejumlah pesilat menyambut kedatangannya di Kelurahan Debong Tengah Kecamatan Tegal Selatan. Para anggota PSHT Tegal mengawal dirinya selama perjalanan dari stasiun menuju rumahnya. 

Pihak keluarga dan saudaranya di rumah menunggu dengan menyiapkan tradisi unik. Yakni tradisi tawur atau menyebarkan uang koin sebagai bentuk rasa syukur atas prestasi yang Atifa raih di SEA Games 2023 Kamboja.

Keluarga melakukan tradisi ini dengan menyebar uang koin yang bercampur dengan beras kuning di depan rumah sesampai Atifa datang. Sebelum tawur, Atifa terlebih dahulu bersujud syukur atas kemenangannya di Kamboja. 

Atifa mengaku senang dan terharu bisa kembali ke kampung halamannya dengan prestasi meraih emas di Kamboja. Sebab, saat di SEA Games kemarin harus bekerja keras untuk bisa mengalahkan lawan-lawannya.

"Kemarin saya main 3 kali yakni perempat final melawan Vietnam, semifinal Filipina dan Final melawan Malaysia,"ujar Atifa.

BACA JUGA:Srikandi Tegal Bikin Bangga, Atifa Fismawati Raih Emas di SEA Games 2023

Dari ketiga lawannya, kata Atifa, dia menilai lawan yang terberat adalah Malaysia. Sebab, atlet dari negara jiran tersebut juga menjadi lawannya di final kejuaraan dunia sebelumnya.

"Malaysia merupakan lawan yang terberat karena sebelumnya juga melawan mereka di pertandingan dunia sebelumnya. Jadi saya bertemu sebanyak 2 kali," tandasnya.

Selanjutnya, kata Atifa, dirinya menargetkan bisa menjuarai kejuaraan PON. Serta kejuaraan tingkat dunia lainnya yang akan berlangsung mendatang. 

Mukhodikin, orang tua Atifa mengaku sangat bersyukur anaknya bisa meraih emas di ajang SEA Games 2023 Kamboja. Dia dan istrinya Suhartini beserta keluarga terus berdoa yang terbaik selama Atifa bertanding di kejuaraan dunia tersebut.

"Saya merasa bersyukur, senang dan bahagia karena anak saya bisa juara. Selama bertanding kami tidak henti-hentinya mendoakan yang terbaik bagi Atifa,"ujarnya.

BACA JUGA:Juara Dunia Silat Asal Kota Tegal Atifa Fismawati Raih Emas Lagi di Kejuaran Asia di India

Sumber: