Banyak Pohon, 32 Biksu Thudong Thailand Sebut Batang Wilayah Paling Sejuk Selama Jalani Ritual di Pantura

Banyak Pohon, 32 Biksu Thudong Thailand Sebut Batang Wilayah Paling Sejuk Selama Jalani Ritual di Pantura

--

BATANG, radartegal.disway.id - Rombongan 32 biksu thudong Thailand merasakan kesejukan saat melintas di wilayah Kabupaten Batang, Jumat 26 Mei 2023. Sehingga mereka tidak merasakan kepanasan, seperti wilayah Pantura lainnya.

Perwakilan 32 biksu, Bhante Wawan mengatakan, rute perjalanan di Jalur Pantura Kabupaten Batang sangat menyenangkan. Karena banyak pohon-pohon yang masih asri di tepi jalan.

Kondisi tersebut membuat perjalanan kali ini berbeda dari sebelumnya. Menurut Bhante Wawan, banyaknya pohon-pohon besar membuat perjalanan tidak terasa panas.

"Para biksu yang lain juga mengaku banyak senangnya saat melintas di wilayah Kabupaten Batang. Karena penyambutannya yang luar biasa dan juga rute perjalanan paling sejuk," ujar Bhante Wawan saat ditemui di Rumah Dinas Bupati Batang.

Disambut 5 pemuka agama

Bhante Wawan juga mengungkapkan para biksu sangat tersanjung dengan penyambutan mereka di Kabupaten Batang. Bahkan para biksu mengatakan sangat  luar biasa.

Selain disambut langsung Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, kedatangan 32 biksu thudong juga disambut lima pemuka agama di kabupaten Batang.

"Penyambutan di sini menunjukkan toleransi dari 5 agama, karena semua perwakilan hadir di sini dan bersama-sama mendoakan kami agar bisa sampai ke Candi Borobudur," ungkapnya.

Tak lupa pada biksu tersebut juga mendoakan agar Kabupaten Batang bisa menjadi daerah yang maju dan berkembang. Utamanya dengan toleransi agamanya yang sangat bagus sekali.

"Sepanjang perjalanan wilayah Batang banyak pohon di tepi jalan, sehingga perjalannya menjadi sejuk. Dan untuk perjalanan paling berat yaitu melewati rute  Semarang ke Candi Borobudur yang memang membutuhkan fisik prima," tandas Bhante Wawan lagi.

Pj Bupati Batang juga mengajak para biksu sarapan atau makan pagi dengan makanan khas daerahnya. Pj Bupati Lani Dwi Rejeki mengatakan jajarannya sengaja menyambut para biksu yang tengah ritual berjalan jalan kaki menuju Candi Borobudur.

"Tadi para biksu mengaku sangat senang sekali, karena disambut meriah oleh masyarakat saat melintas di wilayah Kabupaten Batang. Dan tadi kita juga sempat menjamu 32 biksu tersebut makan pagi dengan hidangan khas Batang," ujar Lani Dwi Rejeki.

Menurunya sepanjang perjalanan di Batang akan singgah di tiga lokasi. Yaitu rumah dinas bupati, kemudian istirahat di Desa Simbang Desa, Tulis dan kemudian di Banyuputih untuk istirahat atau menginap semalam.

"Kita mendoakan agar rombongan tersebut bisa diberi kelancaran selama perjalanan, dan selamat sampai ke Candi Borobudur sesuai jadwal yang sudah direncanakan," tutup Lani Dwi Rejeki.

Sumber: