5 Bangunan Bersejarah di Jawa Tengah, Salah Satunya Menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO

5 Bangunan Bersejarah di Jawa Tengah, Salah Satunya Menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO

bangunan bersejarah di jawa tengah--

JAWA TENGAH, radartegal.id - Bangunan bersejarah di Jawa Tengah memiliki arsitektur yang sangat unik dan jarang dijumpai daerah lain. Seperti candi, stasiun, masjid dan lain-lain.

Bangunan ini rupanya merupakan situs kebanggaan Indonesia yang menjadi warisan budaya dan masih berdiri kokoh sampai sekarang. Serta punya nilai sejarah yang tinggi bagi masyarakat Jawa Tengah.

Bangunan bersejarah di Jawa Tengah ternyata miliki gambaran tentang kerajaan di tanah Jawa. Namun, banyak dari kalangan yang belum mengenal sejarah ini.

Dari sekian wilayah di Indonesia, Jawa Tengah menjadi salah satu pusat peradaban dari zaman dahulu hingga sekarang yang masih ada. Berikut bangunan bersejarah sebagai tambahan pengetahuan kalian, simak sampai selesai.

BACA JUGA: Satu-satunya di Indonesia, Begini Sejarah Lampu Merah Gantung di Perempatan Jalan Veteran Kota Tegal

BACA JUGA: Berdiri Sejak Tahun 1931, Begini Sejarah Berdirinya Bangunan Waterleideng Tegal

Bangunan bersejarah di Jawa Tengah

1. Candi Borobudur

Perlu diketahui bangunan bersejarah di Jawa Tengah yang pertama yaitu Candi Borobudur dengan patung 2.672 relief yang disusun secara berjajar dan panjangnya mencapai 6 km. 

Candi ini memiliki 4 kisah utama yakni Karmawibhangga, Lalitawistara, Awadana dan Gandawyuha. Ini adalah kisah tentang perjalanan sang Buddha dan ajarannya. Selain itu, relief pada candi ini juga berkisah tentang masyarakat Jawa pada masa itu

2. Situs Watu Kandang

Situs Watu Kandang yang berada di wilayah Kabupaten Karanganyar ini memiliki nilai-nilai sejarah yang amat sangat penting. Situs Watu kandang cukup luas karena mencakup wilayah Kecamatan Matesih Kecamatan Tawangmangu dan Kecamatan Kerjo. 

Lokasinya persis di wilayah lereng Barat Gunung Lawu. Posisi dan letak Watu kandang di setiap daerah persebarannya membentuk pola tertentu.

Sumber: