Deretan Mitos dan Fakta Candi Borobudur yang Masih Berkembang di Indonesia, Pasti Sering Dengar!

Deretan Mitos dan Fakta Candi Borobudur yang Masih Berkembang di Indonesia, Pasti Sering Dengar!

Mitos dan fakta Candi Borobudur-freepik-

Radartegal.id – Artikel ini mengulas sejumlah mitos dan fakta Candi Borobudur yang masih berkembang sampai sekarang. Bukan sekedar tempat wisata menarik, tempat ini ternyata menyimpan cerita tertentu yang tidak kalah menariknya.

Mitos dan fakta Candi Borobudur ini ada beragam versi dan tidak sedikit yang mempercayai beberapa diantaranya. Selain itu, mitosnya juga tidak jauh-jauh dari hal gaib dan juga spiritual.

Tidak hanya itu, mitos dan fakta Candi Borobudur ini juga menjadi nilai tambah sebagai tempat wisata menarik di kalangan wisatawan. Terutama bagi pelancong yang berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah, rasanya belum lengkap mengunjungi tempat ini.

Berikut sejumlah mitos dan fakta tentang Candi Borobudur yang sudah menjadi warisan budaya penduduk setempat. Mulai dari arsitekturnya sampai peninggalan di candi ini.

BACA JUGA: Misteri Mitos Relief Kamadhatu di Candi Borobudur yang Sengaja Ditimbun, Benarkah Menyimpan Propaganda?

BACA JUGA: 17 Museum Berkolaborasi di Pameran Bersama Abhirama, Kenalkan Kekayaan Budaya Jawa

Mitos dan fakta Candi Borobudur

Tiap tempat wisata yang ada di Indonesia rasanya hampir semua menyimpan cerita tertentu yang penuh mistis dan misteri. Begitu juga di Candi Borobudur yang merupakan situs peninggalan bersejarah Dinasti Syailendra yang bercorak Budha.

1. Mitos

Mitos pertama yaitu soal pembangunan candi ini yang konon dibuat oleh raksasa. Hal ini dikarenakan arsitektur candi yang memang besar dan kompleks, sehingga sebagian orang menganggap bahwa bukan manusia yang membuat candi ini.

Misteri seputar Candi Borobudur yang terkenal lainnya yaitu soal relief-relief yang ada di tempat ini. Konon, relief tersebut menyimpan kekuatan magis maupun keajaiban tertentu, lho.

2. Fakta

Mitos Candi Borobudur soal keberadaannya dianggap kurang jelas tetapi fakta yang harus Anda tahu, bahwa candi ini merupakan peninggalan Budha saat jaman kerajaan dulu. Tepatnya dibangun saat masa pemerintahan raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra.

Sumber: