Sempat Prank Habib Luthfi, 32 Biksu Thailand Terkesan Sambutan di Kanzus Sholawat Habib Luthfi

Sempat Prank Habib Luthfi, 32 Biksu Thailand Terkesan Sambutan di Kanzus Sholawat Habib Luthfi

--

PEKALONGAN, radartegal.disway.id - Rombongan 32 biksu Thailand yang sedang  menjalani ritual thudong, Kamis siang 25 Mei 2023, sampai di Kota Pekalongan. Di Kota Batik ini ke-32 biksu itu akan menginap di Kanzus Sholawat Habib Luthfi.

Keesokan harinya, Jumat 26 Mei 2023, para biksu itu akan melanjutkan perjalanan menuju ke Candi Borobudur di Magelang. Saat memasuki perbatasan Kabupaten dengan Kota Pekalongan, ke-32 biksu dan para pengiringnya mendapat sambutan antusias dari warga.

Sepanjang perjalanan, tidak sedikit warga yang memberikan makanan, minuman, dan buah-buahan. Sambutan hangat warga di sepanjang perjalanan ini membuat 32 biksu Thailand tersebut benar-benar terharu.

Perjalanan para biksu tersebut mendapat pengawalan dari TNI, Polri, Banser, Ormas Petanesia, relawan, serta beberapa ormas lainnya. Rombongan biksu bersama para pengiringnya sampai di Gedung Kanzus Sholawat Habib Luthfi bin Yahya di Jl Dr Wahidin Kota Pekalongan sekitar pukul 13.00 WIB.

Sebelumnya, para biksu-biksu tersebut memang diagendakan singgah dan bermalam di Gedung Kanzus Sholawat habib Luthfi. Kedatangan para biksu di Kanzus Sholawat mendapat sambutan meriah warga.

Tampak juga jajaran Forkopimda Kota Pekalongan, FKUB, tokoh lintas agama, Kemenag, pengurus Kanzus Sholawat, dan perwakilan ormas. Sebelum memasuki Gedung Kanzus Sholawat, para biksu dan pengiringnya mendapatkan sejumlah suguhan.

Di antaranya minuman teh kemasan gelas khas Pekalongan. Bhante Wawan yang didaulat menjadi perwakilan para biksu, mengatakan kekagumannya atas sambutan luar biasa masyarakat. Para biksu merasakannya sejak perjalanan dari Cirebon sampai ke Kota Pekalongan.

“Perjalanan dari Cirebon sampai Kota Pekalongan sungguh sangat luar biasa. Toleransi antarumat beragama di sini sangat terjaga dengan baik. The Best,” katanya.

Bhante Wawan menceritakan ihwal dia bersama para biksu bisa menginap di Kanzus Sholawat Habib Luthfi. Dia mengungkapkan sebelum ke Thailand, dirinya sempat bertemu dengan Habib Luthfi di Cirebon.

“Beliau tahu kalau kami akan melakukan perjalanan ini,” ungkapnya.

Kemudian Habib Luthfi waktu itu memintanya untuk mampir ke kediamannya di Kota Pekalongan. “Saya bilang saya tidak akan mampir,” jawab Bhante Wawan sambil tersenyum.

Mendengar jawaban seperti itu, kata Bhante Wawan, Habib Luthfi kaget. “Beliau kaget. Lalu bertanya kenapa (tidak mampir). Lalu saya bilang lagi, kalau saya tidak akan mampir. Tapi saya akan bermalam di Kota Pekalongan,” imbuhnya.

“Beliau Habib Luthfi kemudian bilang, bhante harus datang. Harus bermalam di tempat saya,” imbuh Bhante Wawan.

Benar saja, begitu sampai di Kota Pekalongan, ke-32 biksu itu pun menginap di Kanzus Sholawat Habib Luthfi.(*)

Sumber: