Aksi Pelemparan Narkoba di Lapas Tegal Berbuntut Panjang, Kemenkum HAM Turun Tangan

Aksi Pelemparan Narkoba di Lapas Tegal Berbuntut Panjang, Kemenkum HAM Turun Tangan

SIDAK LAPAS- Tim dari Kemenkumham melakukan sidak di Lapas Kelas IIB Tegal.-TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Aksi pelemparan paket narkoba di Lapas Tegal berbuntut panjang. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) turun tangan melakukan sidak. 

Sidak tersebut berlangsung di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tegal, Selasa, 23 Mei 2023 kemarin. Aksi pelemparan itu sendiri terjadi pada Rabu 10 Mei 2023 dini hari. 

Buntut dari kejadian tersebut, belasan narapidana petugas pindahkan ke Lapas di kota lain. 

Kamera pengawas atau CCTV yang terpasang di Lembaga Pemasyarakatan Kota Tegal merekam aksi pelemparan benda yang terbungkus plastik. Belakangan terungkap benda tersebut berisi narkoba dan lainnya.

Saat sidak kemarin, petugas tidak menemukan narkoba. Namun, petugas menemukan sejumlah benda terlarang dari kamar warga binaan.

Koordinator Penindakan dan Penanggulangan Kamtib Ditjen PAS Kemenkum HAM Sohibur Rachman memimpin langsung sidak tersebut. Dalam pelaksanaannya, petugas melakukan penyisiran ruangan dan pemeriksaan terhadap warga binaan.

BACA JUGA:Atraksi Barongsai Sambut Kedatangan 35 Biksu Thailand di Klentheng Tek Hay Kiong Tegal

Usai sidak, Sohibur Rachman mengakui jika sidak tersebut menindaklanjuti temuan bungkusan berisi narkoba yang terjadi 10 Mei 2023 lalu. Hal itu menjadi perhatian Kemenkum HAM agar tidak terjadi kembali kejadian serupa.

“Sehingga, kami melakukan sidak. Selain itu, kita juga juga mengelilingi area Lapas untuk bisa maping termasuk melihat sarpras,” kata Sohibur.

Menurut Sohibur, saat sidak, tim menggeledah tim melakukan penyisiran sejumlah ruangan, hunian dan ruang serbaguna. Selain itu, juga melakukan tes urine, baik kepada narapidana maupun petugas.

“Hasilnya pemeriksaan test urine, semuanya negatif atau bebas dari narkoba,” katanya.

Kalapas Kelas II B Tegal Yugo Indra Wicaksi mengatakan, dari hasil penggeledahan tim tidak menemukan narkoba. Namun, menemukan 4 handphone, 4 buah musik boks, 2 gunting, pisau, hingga 2 obeng.

“Terkait itu, kami akan meningkatkan kewaspadaan dan ketelitian dalam menerima barang maupun kunjungan,”kata Yugo.

BACA JUGA:Biksu Thailand Menangis saat Masuk Tegal, Ternyata Ini Alasannya

Sumber: